Tukang Sapu dan Sopir Angkot Peringati Sumpah Pemuda

  • 28 Oktober 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3867 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com– Peringatan hari sumpah pemuda tidak saja dilakukan instansi pemerintahan atau kalangan generasi muda. Terbukti di Tabanan para tukang sapu dan sopir angkot yang umurnya diatas 50 tahun turut memperingati hari Sumpah Pemuda dengan apel di halaman depan Taman Makam Pancakatirta (TMP), Rabu, (28/10).

Upacara sumpah pemuda yang diikuti tukang sapu dan sopir angkot berusia diatas 50 tahun itu difasilitasi oleh Persatuan Wartawan Tabanan ( Pewarta ) yang dirangkai dengan pembagian sembako gratis, pengobatan gratis dan santunan kepada KK miskin yang selama ini tidak tersentuh oleh pemerintah.

Salah satu sopir angkot I Made Cakra didaulat menjadi komandan upacara dengan inspektur Made Krip yang merupakan tukang sapu, sedangkan pembaca sumpah pemuda Gusti Widisana. Meski sudah berusia namun semangat para tukang sapu dan sopir angkot itu tidak kalah dengan generasi muda. Mereka dengan semangat melaksankan apel meski terkadang salah dan mengundang gelak tawa peserta apel.  

Usai mengikuti upacara, tukang sapu dan sopir angkot  diberikan bingkisan sembako dan uang saku.  Pemberian bingkisan sembako serta uang saku tersebut merupkan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Pewarta Tabanan yang Ke-1 yang bertepatan dengan tanggal 28 Oktober 2015.

Ketua Pewarta Tabanan I Ketut Sugina mengatakan upacara hari sumpah pemuda yang diikuti para tukang sapu dan sopir angkot dirangkai dengan pemberian sembako merupakan salah satu aksi sosial yang digelar Pewarta di hari jadinya yang pertama.  Dijelaskanya, upacara ini bertujuan untuk memberikan pemahamam kepada generasi muda, kalau para generasi tua masih  bersemangat untuk mengikuti upacara sumpah pemuda. “Semoga kegiatan ini mampu membangitkan kembali semangat generasi muda terhadap perjuangan pemuda-pemuda Indonesia dalam mencetuskan sumpah pemuda,” tandasnya.

Selain menggelar aksi sosial pemberian sembako dan uang saku kepada 150 tukang sapu dan sopir angkot dan pengobatan gratis. Pewarta juga memberikan bantun kepada KK Miskin di Desa Cau Blayu, Kecamatan Marga.  Dana kegiatan sosial tersebut bersumber dari malam amal yang digelar Pewarta, Senin malam (26/10). ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER