Dukung Pilkada Aman, 133 Satuan Linmas

  • 22 Oktober 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2836 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com - Dalam rangka mendukung pengamanan Pemilukada 9 Desember mendatang, sebanyak 133 orang anggota Satuan Perlindungan Masyarakat ( Linmas) desa yang merupakan perwakilan dari masing-masing desa se-Kabupaten Tabanan dilantik. Mereka dilantik oleh Pj. Bupati Tabanan Wayan Sugiada dalam gelar pasukan Pol PP Kabupaten Tabanan, Kamis ( 22/10).

Dalam sambutannya Wayan Sugiada mengatakan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, termasuk di dalamnya perlindungan masyarakat merupakan urusan wajib yang menjadi tugas dan tanggung jawab daerah. Menurutnya, hal ini sangat strategis bila dikaitkan dengan eksistensi satuan Linmas yang ada dan tumbuh saat ini di masyarakat. “ Di desa-desa sampai saat ini keberadaan satuan Linmas tetap dibutuhkan perannya oleh masyarakat dalam hal memberikan bantuan dan perlindungan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan, pelantikan ini mengandung arti dan makna yang sangat penting dalam rangka memberikan pengakuan secara yuridis terhadap keberadaan lembaga Linmas. Menurutnya lembaga ini akan membantu tugas-tugas Satpol PP dalam menciptakan ketertiban dan ketenteraman serta melaksanakan perlindungan masyarakat. “ Satpol PP bertugas untuk melaksanakan ketertiban dan ketenteraman masyarakat, menegakkan Perda dan Peraturan Kepala Daerah serta melaksanakan perlindungan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara Ketua panitia yang juga Kepala Badan Satpol PP Kabupaten Tabanan Wayan Sarba mengatakan seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi yang memadai, akan dapat mempengaruhi ketertiban, ketentraman, kenyamanan dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut perlu adanya perlindungan masyarakat yang siap, terampil serta tanggap terhadap gangguan Kamtibnas yanga ada. “ Untuk mewujudkan tenaga Linmas yang siaga dan terampil menghadapi gangguan yang ada, maka Pemkab Tabanan melalui Satpol PP Kabupaten Tabanan telah mengintensifkan pembinaan dan pengembangan Satuan Linmas desa se-Kabupaten Tabanan dirangkaikan pula dengan gelar pasukan Satpol PP untuk meningkatkan kesiagaan dalam mendukung Pemilukada serentak 2015 ,” ungkapnya. ina

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER