Pengobatan Mata Gratis WHDI

  • 15 Oktober 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3205 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Ngakan Putu Sudiarsa (57) asal Br. Intaran Desa Pejeng Tampaksiring Gianyar tampak duduk tegang menanti giliran untuk dioperasi katarak, di Ancak Saji Puri Agung Soma Negara Pejeng Tampaksiring Gianyar (15/10). Mengaku mata sebelah kanannya mengalami buta total,karena 5 tahun yang lalu terkena kotoran saat ngayah di pura. Sejak saat itu matanya sebelah kanannya mulai bermasalah.

Selama 5 tahun itu ia tidak pernah memeriksakan diri ke dokter spesialis, hanya ke puskesmas saja kalau mata mulai terasa gatal dan perih. Untunglah beberapa hari yang lalu, ada salah satu anggota Wanita Hindu Darma Indonesia (WHDI) di Kecamatan Tampaksiring menganjurkan dirinya agar berobat pada hari Kamis (15/10) karena ada pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis yang di selenggarakan oleh pihak Rotari Distrik 3420 Gianyar bekerjasama dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia, karang taruna dan WHDI Kabupaten Gianyar. “Meski takut, tiang yakin operasi ini kan membuat mata kanan  tiang akan berfungsi normal seperti dulu lagi,” kata Ngakan Putu Sudiarsa yakin.

Seperti dituturkan Wakil Ketua WHDI Kabupaten Gianyar, A.A Alit, dalam kegiatan sosial ini WHDI bertugas untuk mencari sekiranya ada warga masyarakat yang mengalami masalah dengan pengeliatannya. Oleh karena itulah pihaknya di WHDI meminta anggotanya di WHDI masing-masing kecamatan untuk mencari warganya yang menderita sakit mata dan katarak. Ini merupakan salah satu wujud nyata dari program WHDI di bidang sosial kemanusiaan.

Masih banyak ternyata warga yang menderita sakit mata, buktinya pengobatan mata kali ini di manfaat hampir 300 warga yang berasal dari seluruh kecamatan di Gianyar. Seperti ditegaskan oleh Projects Manager YKI, I Nyoman Wardhana, program pengobatan dan operasi katarak gratis ini memang rutin mereka lakukan dengan mengandeng dinas/instansi pemerintah, organisasi masyarakat maupun LSM. Ini merupakan program untuk membantu pengurangan dan pencegahan kebutaan di Kabupaten Gianyar.  Di bantu oleh dr. Cok Istri Dewiyani Sp.M, pada kesempatan itu cukup banyak warga yang dioperasi katarak. Berdasarkan pantauan baru pukul 10.00 Wita sudah ada 5 orang yang antre untuk dioperasi, jumlah ini kemungkinan akan bertambah mengingat pendaftaran ditutup hingga pukul 12.00 Wita. Sedang untuk pemeriksaan maupun tindakan operasi dikerjakan sampai tuntas hingga semua pasien semuanya dilayani sesuai dengan keluhannya. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER