Sebelum Terbang ke Jepang Tiga Siswa SD Soan ke Bupati

  • 29 September 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3231 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Tiga siswa SD di Tabanan akan memperkuat delegasi kebudayaan bali dalam ajang pertukaran Bali dan Kanaya Internasional. Sebuah program yang dirancang Departemen Kebudayaan Jepang di bidang kebudayaan dengan nama Internasional Art Week. Ketiganya berasal dari SD Negeri 7 Kediri yakni I Gusti Kade Guna Hadi Wicaksana, Stepanus Gildo Cortereal, dan Kezia Asa Prashanty. Sebelum terbang ke Jepang ketiganya soan ke Pj. Bupati Tabanan, Selasa (29/9).

Kadisdik Putu Santika yang mendampingi mereka mengatakan mereka terpilih setelah lolos membuat esai dengan tema Apa yang Anda Inginkan Belajar ke Jepang?. Seleksi itu kata dia digelar 3 September lalu. Tujuan dari pertukaran pelajar itu kata dia untuk mengaktifkan kembali budaya daerah agar terhidar dari ancaman kepunahan. Sehingga anak-anak, khususnya siswa SD, menjadi ujung tombok dari pelestarian kebudayaan. “Ketiganya akan bertolak ke Jepangpada 1 Oktober mendatang,” ucapnya.

Atas keberangkatan siswa SD tersebut Pj.Bupati I Wayan Sugiada mengaku sangat bangga dengan ketiga siswa dan guru yang terpilih itu. “Kalau bisa, kegiatan seperti ini bisa digetoktularkan kepada semua siswa di Tabanan. Biar mereka tergerak dan termotivasi untuk mengenal dunia luar,” ujarnya. Kepada ketiga siswa dan guru yang akan bertolak ke Jepang, dirinya berpesan agar membawa diri dengan baik di negeri orang. Karena dalam ajang ini, mereka secara tidak langsung membawa nama baik daerah. “Jangan buat yang aneh-aneh. Khususnya kepada guru yang mendampingi, awasi anak-anak. Jangan sampai hilang di negeri orang,” tegasnya. ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER