Dukung Bali Clean and Green, Masyarakat Diajak Peduli Lingkungan

  • 29 September 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2883 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Dalam mengwujudkan program pemerintah Bali yang Clean and Green, Pj. Bupati Wayan Sugiada mengajak masyarakat untuk berkomitment Tabanan yang bersih dan hijau. Pengelolaan sampah kata dia menjadi tanggung jawab bersama. “Saya mengapresiasi kerja sama antara Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali Nisra dengan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tabanan ini. Mudah-mudahan Program Provinsi Bali untuk mewujudkan Bali Clean and Green bisa kita wujudkan,” ucap Sugiada saat mebuka sosialiasi kesadaran lingkungan di Gedung Mario, Tabanan, Selasa (29/9).

Menurut Sugiada terdapat tiga substansi fenomena sampah saat ini. Yakni jenis dan klasifikasi sampah, perilaku masyarakat yang berubah terhadap sampah dan lingkungan yang cenderung tidak peduli, dan tata kelola persampahan yang masih perlu ditanamkan kepada masyarakat. “Tiga substansi fenomena sampah tersebut hendaknya menjadi perhatian serius semua pihak, sehingga tidak menimbulkan dampak negative terhadap kesehatan masyarakat,” imbuhnya sambil berharap masyarakat terus meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan dan melakukan pengelolaan lingkungan.

Sementara Ketua P3E Provinsi Bali, Drs. Rijal Uzzanan mengatakan sasaran awal kegiatan ini adalah PKK, Pramuka (Saka Kalpataru) dan Sekolah Peduli Lingkungan. “Kegiatan ini terasa sangat istimewa karena pada hari ini kita kegiatan yang kita gelar untuk memberikan motivasi kepada PKK, Pramuka (Saka Kalpataru) dan Sekolah Peduli Lingkungan,” imbuhnya.

Hal serupa diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Nyonya Ayu Pastika. Kata dia peran perempuan dengan wadah PKK sebagai motor penggeraknya merupakan hal yang sangat penting dalam keberhasilan pengelolaan lingkungan. Dengan demikian melalui dukungan dan peran aktif PKK dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan, pihaknya yakin dan mampu menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik. “ Kami yakin peran perempuan melalui PKK akan mampu mendukung serta berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan,” tegasnya.

Dirinya menambahkan, melalui program-program PKK akan ditanamkan kepedulian lingkungan hidup yang ada di sekitar pemukiman warga. “Melalui 10 program yang dimiliki oleh PKK  seperti program kelestarian lingkungan hidup  nantinya akana mampu menanamkan rasa kepedulian warga terhadap lingkungan sekitar terutama di daerah pemukimannya,” imbuhnya. ina

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER