Kebersamaan Muslim dan Non Muslim di Hari Idul Adha

  • 25 September 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3318 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com – Hari Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah diperingati oleh umat muslim seluruh Indonesia pada hari Kamis (24/9). Pada hari raya Idul Adha, umat muslim biasanya memperingati dengan sholat ied bersama dan penyembelih hewan kurban. Di Gianyar tercatat 62 ekor sapi dan 126 kambing yang dikurbankan untuk merayakan puncak ibadah Haji umat muslim.

Perayaan Idul Adha diawali dengan gema showalat dan takbir keliling kota Gianyar malam sebelum hari raya. Pada pagi hari semua umat melaksanakan sholat Ied bersama di masing-masing masjid yang ada di seluruh kabupaten Gianyar, seperti di Masjid Agung Al-Alla yang berdampingan dengan Yonzipur 18 Gianyar, ribuan umat muslim dengan khidmat menjalankan ibadahnya.  Setelah sholat Ied, baru dilakukan penyembelihan hewan kurban berupa sapi dan kambing. Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Agung Al-Alla, Nurwidyastanto,ST mengatakan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilakukan dimasing-masing masjid,majelis taklim yang ada di kabupaten Gianyar. Daging dari hewan kurban akan dibagikan kepada seluruh umat muslim yang ada termasuk umat non muslim yang berada di sekitar masjid. “Untuk di kecamatan Gianyar umat muslim tercatat 2000 orang dari keseluruhan 7000 orang yang tersebar di seluruh kabupaten, prioritas kami adalah kaum duafa dan fakir miskin untuk diberikan pembagian hewan kurban” jelas Nurwidyastanto.

Nurwidyastanto juga menjelaskan, kebersamaan dan kerukunan warga muslim dan non muslim sudah terjalin sejak lama, terbukti dengan dari sejumlah hewan kurban yang sembelih, beberapa merupakan sumbangan dari Bupati Gianyar,dari umat muslim dan ada juga yang dari warga non muslim. Selain hewan kurban, banyak sumbangan lainnya yang dilakukan oleh umat non muslim selama ada kegiatan di masjid. “Untuk sapi yang disembelih adalah sapi lokal Bali, karena kwalitasnya sudah terjamin. Agar pembagian tertata, penerima daging hewan kurban sudah didata masing-masing korlap wilayah dan diberikan kupon” ungkapnya.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER