Kuota Haji Gianyar Habis 18 Tahun Lagi

  • 09 September 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2937 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com - Saat ini terdapat 271 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Gianyar yang masih dalam waiting list (daftar tunggu). Berdasarkan kuota yang diberikan untuk Provinsi Bali, jumlah tersebut baru habis diberangkatkan dalam 18 tahun kedepan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gianyar, Dr. Ni Nengah Rustini, M.Ag. kepada Bupati Gianyar, AA Gde Agung Bharata saat audiensi CHJ di Ruang Kerja Bupati Gianyar (8/9).

Lebih lanjut Ni Nengah Rustini mengutarakan untuk bulan Haji Tahun 2015, Kabupaten Gianyar memperoleh kuota sebanyak 6 CHJ. Sedangkan total CHJ dari Provinsi Bali sebanyak 512 CHJ. Rencananya CHJ Asal Gianyar akan dilepas tanggal 12/9 mendatang melalui embarkasi Surabaya kloter 57. 

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Gianyar, H. Munadjat menjelaskan enam CHJ yang berangkat yakni M. Budiman (65), Perum Candra Asih Block D, Batubulan, Sukawati, pasangan Sulili (50) dan Sungkono (57)  Telaga Asri Serongga. Pasangan Komang Gde Suartika (50), Luh Ari Suryatnyani (49) Semabaung Blahbatuh serta Marga Sengkala (46), Desa Bedulu, Blahbatuh.

Lebih lanjut H. Munadjat mengatakan CHJ telah melalui pembinaan peningkatan iman dan takwa serta pembekalan calon jemaah haji, seperti manasik haji. Pemeriksaan kesehatan juga dilakukan dengan bantuan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar dan hasilnya semua dinyatakan sehat wal afiat.

Salah satu CHJ, Sungkono mengatakan bersyukur dapat kesempatan naik haji tahun ini bersama istrinya Sulini, dirinya sudah mendaftar haji tahun 2011. “ Alhamdulillah waktu saya mendaftar waiting listnya belum selama saat ini” ungkapnya.

Menurut pengakuannya dia dan istri sudah menabung sejak tahun 2011. Saat ini biaya haji sebesar $3.800 sudah termasuk living cost selama menunaikan ibadah haji. Seluruh CHJ berdoa agar sepulangnya dari Haji menjadi haji yang mabrur, memiliki pemimpin yang adil serta rakyat menjadi sejahtera dan senantiasa memperoleh rejeki yang halal.

Bupati Agung Bharata mengatakan pihaknya selalu mendukung kegiatan haji masyarakat Gianyar untuk menjadi manusia yang lebih baik “ Semoga mendapatkan kelancaran dan menjadi haji dan hajjah yang mabrur” ucap Bupati Agung Bharata.

Bupati juga berdoa semoga selama menunaikan ibadah haji, CHJ diberikan  kelancaran dan kesehatan. Bupati juga meminta doanya agar pemerintahan dapat berjalan dengan baik.gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER