Eka-Jaya Jilid II, Sehati Membangun Negeri

  • 09 September 2015
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3255 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Setelah sukses memimpin Kabupaten Tabanan lima tahun sebelumnya dengan visi Tabanan Serasi kini pasangan Ni Putu Eka Wiryastuti – I Komang Gede Sanjaya (Eka – Jaya) diharapkan kembali melanjutkan pembangunan di Tabanan. Atas keinginan kebanyakan masyarakat Tabanan tersebut, Eka – Jaya telah menyiapkan program Tabanan Serasi jilid II dengan konsep pembangunan Sehati Membangun Negeri.

Visi sehati membangun negeri itu diterjemahkan tetap ke dalam 5 misi pembangunan dengan beberapa penyesuaian agar sejalan dengan cita-cita pembangunan masyarakat Tabanandan Nawacita serta Tri Sakti.Lahirnya konsep sehati mebangun negeri itu didasarkan perlunya mempertahankan apa yang telah dicapai pada visi Tabanan Serasi (jilid I). Pasalnya dalam lima tahun memimpin Tabanan dengan permasalahan yang sangat komplek baik dari karakteristik daerah yang khasbaik alamdanbudayanya, maupun penduduknyamasih masih terdapat kekurangan yang perlu penyempurnaan. Terutama dalam pencapaian tiga hal utama pembangunan masyarakat Tabanan yaitu aspek kesejahteraan, keamanan, dan prestasi. Belajar dari hal tersebut kini Eka – Jaya menyiapkan visi Tabanan Serasi (jilid II) dengan slogan Sehati Membangun Negeri. “Sehati Membangun Negeri mengandung filosofi  mengajak masyarakat untuk membangun Tabanan bersama-sama dengan menciptakan rasa empati, rasa memiliki (sense of belonging) dan bertindak sebagai subyek pembangunan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan, sehingga pembangunan dapat berjalan optimal,” jelas Eka.Selain itu Sahati Membangun Negeri juga memiliki makna mengajak masyarakat agar menjadi bagian dari pembangunan. Dengan demikian dapat membantu pemerintah dalam pembangunan, baik dari sisi perencanaan, implementasi pembangunan dan pengawasannya. “Hal itu dapat terwujud dengan bergotong royong, meningkatkan swadaya masyarakat, serta menjadi agen pembangunan,” jelasnya.Dalam lima tahun kedepan Eka juga dalam visinya mengajak masyarakat untuk memiliki idealisme Bangga menjadi Masyarakat Tabanan, sehingga berjuang bersama untuk menjaga, membangun, serta mengembangkan potensi lokal menuju kesejahteraan masyarakat Tabanan.

 

Terkait konsep Sejahtera dalam  visi Tabann Serasi (Sejahtera Aman dan Berprestasi), menurut Eka terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat Tabanan yang cerdas, berderajat sehat, serta berakhlak yang tinggi. Hal ini kata dia ditandai dengan kondisi pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya dan politik yang mantap dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengelolaan sumber daya alam, dan pelestarian lingkungan hidup. “Kesimpulan dasarnya adalah mengajak masyarakat untuk membangun bersama agar masyarakat Tabanan Berotak Cerdas, Berbadan Sehat, dan Berkantong Tebal,” bebernya.  Sedangkan konsep Aman, dimaksudkan terjaminnya rasa aman masyarakat dan dunia usaha. Hal ini ditandai dengan terciptanya keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat dalam pencapaian kesejahteraannya melalui penguatan di bidang hukum, peningkatan mutu pengelola pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good governance).Sedangkan Berprestasi mengandun arti terwujudnya prestasi perempuan dan pemuda, pendidik, paramedis, petani, peternak, nelayan, pengerajin, budayawan, olahragawan, dunia usaha, serta penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Tabanan, di berbagai kancah penggalangan keunggulan maupun prestasi dalam lingkup regional, nasional dan internasional.

 

Dalam mencapai visi Tabanan Serasi, Eka – Jaya juga telah merumuskan 5 misi dalam kurun waktu 2016 – 2021 menatang. Kelima misi tersebut yakni pertama meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melaui perbaikan kualitas pendidikan formal masyarakat dan mempertahankan derajat kesehatan masyarakat Tabanan. Hal itu kata dia sesuai dengan Nawacia ke 5. Misi kedua adalah memperkuat ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan masyarakat berbasis dan bersumber daya lokal yang produktif berdaya saing dan mandiri untuk mewujudkan masyarakat berdikari dalam bidang ekonomi. “Hal ini sesuai nawacita ke 3,6,7 serta Tri Sakti ke dua,” ucapnya. Misi Eka-Jaya yang ketiga yakni mewujudkan Tabanan sebagai pusat agribisnis dan pusat agrowisata bali sebagai bentuk kedaulatan masyarakat agraris yang dibangun melalui gotong royong dan persatuan bangsa. Hal ini seuai dengan Tri Saki yang pertama. Sedangkan rumusan misi yang keempat yakni melestarika dan mengambangkan budaya untuk memperkuat kepribadian dalam kebudayaan serta memperteguh kebhinekaan yang sesuai dengan nawacita ke 8,9 serta tri sakti ke 3. Misi kelima yang dirumuskan yakni mengembangkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya serta meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah berbasis teknologi informasi. Hal ini sesuai dengan nawacita ke 2.

“Visi dan misi tersebut merupakan pembenahan terhadap visi misi lima tahun sebelumnya karena adanya  penyesuaian terhadap amanat Pemerintah Pusat dalam hal Nawacita dan Tri Sakti, serta akibat adanya berbagai kekurangan dalam lima tahun Tabanan Serasi sebelumnya,” bebernya. Ina


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER