Material Habis, DK Buatan Ditoleransi

  • 26 Agustus 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2317 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com– Kantor Samsat Gianyar kehabisan material tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) jenis roda dua sejak beberapa bulan terakhir. Guna mengatasinya Satlantas Polres Gianyar memberikan kelonggaran bagi kendaraan baru untuk menggunakan TNKB buatan (tanpa logo Polri) sambil menunggu droping material TNKB yang baru.

Kasat Lantas Polres Gianyar, AKP. Kristyan Boerbel Martino, S.Ik. menjelaskan penerbitan TNKB baik itu aplikasi baru dan perpanjangan TNKB roda dua atau sepeda motor menjadi kendala saat ini di Kantor Samsat Gianyar. Kekosongan material TNKB sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir, karena belum ada pengiriman dari pusat atau Mabes Polri yang berhak mengeluarkan bahan TNKB. Agar tidak terjadi keresahan di masyarakat, pihaknya sudah memberikan penjelasan lisan kepada masyarakat yang mengurus surat-surta kendaraan di Kantor Samsat dan membuat banner pemberitahuan yang berisikan nama dan nomor telepon petugas jika ada pertanyaan dari masyarakat. “Penjelasan lisan secara langsung maupun melalui banner yang berisikan stempel dan nama petugas telah kita pasang di kantor samsat” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk sementara waktu pemilik kendaraan sepeda motor baru bisa menggunakan TNKB buatan tanpa logo Polri yang biasa dijual di tukang letter pinggir jalan, dan pemilik kendaraan yang memperpanjang STNK masih bisa menggunakan plat nomor yang lama. Sedangkan untuk penerbitan BPKB juga memerlukan waktu yang lama, karena beberapa waktu yang lalu terjadi kekosongan sehingga terjadi penumpukan permintaan. “Ketika materi BPKB datang, kami harus mulai melakukan pengisian data dari awal waktu kekosongan” ungkap AKP. Kristyan.

Ketika ditanya sampai kapan kekosongan material TNKB sepeda motor di kantor samsat Gianyar? mantan Kapolsek Selemadeg ini mengatakan, sampai saat ini belum ada pemberitahuan yang pasti dari pusat (Mabes Polri) karena secara aturan TNKB asli hanya yang dikeluarkan oleh Polri. “Untuk material TNKB roda empat masih bisa kami layani karena stok masih mencukupi” tambahnya.

Menurut data dari kantor Samsat Gianyar, aplikasi baru surat-surat kelengkapan kendaraan roda dua di wilayah Gianyar sejak awal Januari  sampai Agustus 2015 mencapai 14.706 unit sedangkan untuk roda empat sebanyak 1.785 unit. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER