Seminggu Tanpa Blanko, Capil Gianyar Tetap Layani E-KTP

  • 20 Agustus 2015
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 4328 Pengunjung

Gianyar, suaradewata.com- Habisnya Blanko E-KTP tidak menghambat pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatatan Sipil Kab. Gianyar dalam melayani warga untuk membuat E-KTP. Disdukcapil Gianyar untuk sementara mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP atas keterlambatan datangnya blanko E-KTP dari Kemendagri, hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pelayanan E-KTP Disdukcapil Gianyar, Drs. Gusti Ngurah Darmawan, M.Si, di Gianyar, Kamis, (20/8). 

Lebih lanjut, Gusti Ngurah Darmawan menjelaskan pelayanan di Disdukcapil Gianyar tetap berjalan seperti biasa, setiap warga yang datang untuk membuat E-KTP tetap dilayani. Namun karena blangko E-KTP dari Kemendagri belum datang, warga yang sudah terekam akan diberikan surat keterangan pengganti KTP Elektronik. Menurut informasi dari Kemendagri, akhir Agustus blanko E-KTP sudah datang. “Sehingga awal September sudah bisa digunakan, warga yang memegang surat keterangan pengganti E-KTP langsung bisa mengambil E-KTP nya di Kantor Disdukcapil Gianyar, kami menunggu blanko, jika datang maka E-KTP akan segera dicetak,” terangnya. 

Surat keterangan pengganti KTP Elektronik bisa dipergunakan sebagai pengganti E-KTP, dan pihaknya berharap awal September warga sudah bisa dilayani pembuatan E-KTP seperti biasa. Pantauan situasi di Disdukcapil Gianyar, pelayanan masih berjalan seperti biasa. Setiap hari masyarakat masih berdatangan mengurus pelayan pelbagai administrasi kependudukan tidak kecuali E-KTP. Hanya saja jika ada warga yang akan membuat E-KTP tidak bisa langsung selesai, karena masih menunggu blanko E-KTP dari pusat. “Sebulan Disdukcapil Gianyar layani lebih dari 1.000 eksemplar E-KTP, namun sejak 10 Agustus E-KTP diganti surat pengganti karena keterlambatan blanko,” imbuhnya. 

Sesungguhnya Disdukcapil Gianyar sudah mengamprah blanko E-KTP beberapa bulan lalu, saat stok blanko di Disdukcapil Gianyar  berjumlah 2.000 Eksemplar. Namun hingga kini blanko tersebut belum datang dari Kemendagri. Keterlambatan ini tidak hanya di Gianyar dan di Bali, bahkan di seluruh Indonesia.  Sehingga sejak (10/8) lalu, Disdukcapil Gianyar tidak bisa cetak E-KTP. gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER