Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Panen Kol di Halaman Rumah Jabatan

  • 26 Agustus 2014
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2636 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mencoba memberikan contoh kepada ibu-ibu untuk mengatasi harga kebutuhan dapur yang semakin tinggi. Salah satunya dengan memanaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur-sayuran. Setelah sebelumnya memanen jagung kini Bupati Eka memanen kembang kol dan kalian di halaman rumah jabatan bupati kemarin lusa.

Seperti diketahui di halaman rumah jabatannya selain kol dan seladri Bupati juga menanam jagung, padi serta palawija lainnya, kini tanaman tersebut sudah bisa dipanen. Disela-sela panen kol bupati Eka berharap upayanya itu bisa menjadi contoh yang harus ditiru oleh ibu-ibu yang ada di Tabanan. Karena selain dapat memanfaatkan lahan-lahan yang kosong, juga dapat membantu meringankan biaya untuk keperluan dapur. Mengingat sekarang ini, harga kebutuhan pokok kian hari kian meningkat. "Saya berharap kepada ibu-ibu di Tabanan untuk dapat memanfaatkan lahan yang dimiliki. Tidak hanya jenis sayur namun juga tanaman dapur, seperti cabai," katanya.
Sementara Kepala Dinas Pertanian Nyoman Budana yang didampingi Kabid Pengembangan Produksi Holtikultura Gusti Putu Wiadnyana mengatakan, meski hasil sayurnya lebih kecil bila dibandingkan dengan yang ditanam di dataran tinggi, namun panen kali ini dianggap sangat sukses. Karena sayuran yang selama ini hanya tumbuh subur di dataran tinggi,  ternyata dapat tumbuh subur juga di dataran rendah. Hal ini tentu saja menjadi inovasi baru dan angin segar bagi petani-petani dataran rendah. "Ini menjadi kabar yang sangat mengembirakan. Jika biasanya kita hanya mengenal sayuran kangkung, gonde dan terong, kini petani didataran rendah juga bisa menanam sayuran kembang kol, brokoli maupun kailan," jelasnya. gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER