Berantas Stunting, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya sasar TK di Selbar

  • 22 April 2024
  • 21:15 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1144 Pengunjung
Bunda Paud Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, saat mengunjungi salah satu TK Negeri Selemadeg Barat, Senin (22/4). Red/SD/hms

Tabanan, suaradewata.com - Bergerak saling bersinergi dengan Pemerintah Daerah, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.,S.H.,M.M, selaku Bunda PAUD Tabanan, kembali menunjukkan komitmennya dalam memerangi stunting di Tabanan. Saat itu pihaknya kembali mengunjungi salah satu TK Negeri untuk memberikan bantuan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dan bantuan APE (Alat Permainan Edukatif) bagi anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang ditujukkan di TK Negeri Selemadeg Barat. Hal ini sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan harapan akan generasi yang lebih sehat dan cerdas di masa mendatang, Senin (22/4). 

 Saat itu turut hadir, para Perangkat Daerah terkait, Camat Selemadeg Barat dan hadir juga Bunda PAUD Kecamatan Selemadeg Barat, Perbekel Desa Lalanglinggah, Bunda PAUD Desa Lalanglinggah, para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan TK Negeri Selemadeg Barat, serta anak-anak TK Negeri yang nampak memadati lokasi acara saat itu. Di kesempatan itu, Bunda PAUD beserta rombongan kembali membagikan 100 paket PMT yang berisikan Susu Bubuk, Susu Cair, Biskuit, Telur, Buah dan Jasuke (Jagung Susu Keju) yang penuh gizi bagi anak-anak PAUD di Kecamatan Kerambitan. 

 Tak hanya itu, mainan APE luar juga diberikan, seperti Ayunan, Jungkitan, Mangkok Putar dan alat permainan dalam ruangan, yang keseluruhannnya diharapkan dapat memberikan manfaat dalam menunjang bakat dan kreativitas serta pola pikir anak dalam mengembangkan metode belajar sambil bermain yang menyenangkan. Di kesempatan itu juga, Bunda Rai sampaikan apresiasi setingginya bagi para guru dan tenaga pendidik, yang telah dengan luar biasa mendampingi serta mendidik anak-anak mulai usia dini, di mana baginya, pendidikan usia dini tidaklah mudah dan dibutuhkan kesabaran  serta ketekunan yang luar biasa. 

 "Kehadiran Bunda hari ini untuk memberikan bantuan PMT dan APE. Yang diharapkan, permainan itu bisa menambah koleksi anak-anak Bunda di sini, sehingga anak-anak bisa bermain dan meningkatkan kreativitas otak dengan bermain dan belajar. Ada alat permainan yang memang mengandung pelajaran, harapan Bunda tentu bantuan nantinya bisa bermanfaat dan Bunda ingin selalu, kehadiran Bunda setiap saat bisa memberikan motivasi terutama kepada para orang tua," pungkasnya. 

Pihaknya juga menjelaskan, bantuan yang diberikan adalah sekedar rangsangan untuk menggugah kembali semangat para orang tua dan guru agar selalu memperhatikan gizi anak-anak di sekolah. Terutama juga kepada Bapak, Ibu para orang tua di rumah, karena memang peran orang tua lah yang paling penting bagi perkembangan gizi anak. Bunda Rai tidak akan berhenti untuk terus mengajak dan mengingatkan, pentingnya gizi anak untuk diperhatikan, terutama dalam upaya kita menurunkan angka stunting di Kabupaten Tabanan.

 Srikandi Panutan Tabanan saat itu kembali menegaskan, perannya yang juga beriringan dengan Bupati Tabanan sebagai Orang Tua Asuh Stunting dan menyandang penghargaan sebagai Orang Tua Hebat Tingkat Nasional, ialah agar tidak ada lagi anak-anak stunting di Tabanan serta dalam rangka mempersiapkan Generasi Emas, Tabanan Era Baru. “Ini hanya salah satu upaya, peran yang paling besar adalah saling sinergi, terutama dari orang tua. Saya tidak bisa bergerak sendiri, harus ada sinergi dari seluruh pihak, tujuannya adalah agar anak Tabanan tumbuh sehat, cerdas dan berkualitas," tandasnya. 

 Kehadiran rombongan Bunda PAUD saat itu, sangat dinanti dan tentunya disambut dengan hangat lewat tari-tarian yang disuguhkan para siswa. Dimana pada kesempatan itu, Bunda Rai juga meninjau salah satu bagian bangunan Sekolah TK setempat yang dalam kondisi rusak berat dan perlu mendapatkan penanganan optimal. Pihaknya juga memastikan akan selalu berupaya membantu bukan hanya untuk kesehatan anak-anak usia dini, tapi juga memberikan akses pendidikan yang berkualitas serta mempersiapkan mereka menuju generasi emas Tabanan. 

 Ni Ketut Sujarni selaku Kepala Sekolah TK Negeri Selemadeg Barat juga mengungkapkan terima kasihnya atas kehadiran rombongan yang memberikan warna dan semangat bagi anak-anak dan para tenaga pendidik. "Selamat datang dan Terima Kasih Kepada Bunda PAUD yang sebesarnya atas bantuan APE dan PMT untuk anak-anak yang setiap tahun kami terima,” sebutnya, sembari sangat berterimakasih atas perhatian Bunda Paud bukan hanya pada kesehatan anak tetapi juga pada bangunan sekolah yang merupakan akses bagi anak-anak melaksanakan pendidikan.  Red/hms/adv


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER