DPRD Tabanan Berjuang untuk Bantuan Sarana dan Prasarana Nelayan

  • 23 Maret 2024
  • 10:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1444 Pengunjung
Anggota Komisi I DPRD Tabanan, Ketut Arsana Yasa. (istimewa)

Tabanan, suaradewata.com - Anggota Komisi I DPRD Tabanan, Ketut Arsana Yasa, yang juga merupakan mantan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tabanan, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang memperjuangkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat untuk nelayan di Kabupaten Tabanan.

Arsana menjelaskan bahwa dalam dua tahun terakhir, nelayan di Tabanan tidak mendapatkan alokasi bantuan tersebut, sehingga pihaknya telah berupaya keras dengan melakukan kunjungan berkali-kali ke Kementerian terkait untuk mengawal proposal dari Bupati. Namun, hingga saat ini, bantuan tersebut belum juga terealisasi.

"Proposal yang kami ajukan pada intinya berisi usulan sarana dan prasarana alat tangkap untuk nelayan tradisional yang mayoritas ada di Tabanan. Kami mengusulkan bantuan alat tangkap sesuai dengan kebutuhan nelayan, seperti jukung (perahu), jaring ikan, dan lainnya," ungkapnya pada Jumat (22/3/2024).

Menurut Arsana, nelayan tradisional di Tabanan sangat bergantung pada mata pencaharian mereka sebagai nelayan, dan bantuan dari pemerintah pusat sangatlah dibutuhkan.

"Dibanding nelayan besar atau modern, nelayan tradisional memiliki pola ekonomi yang lebih berbasis pada kegiatan nelayan secara tradisional. Oleh karena itu, bantuan dari pemerintah pusat sangatlah penting," tegasnya.

Arsana juga mengungkapkan bahwa sebelumnya, pemerintah telah memberikan bantuan kepada nelayan berupa jaring purse sein dan perahu besar, namun hal tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan nelayan di Tabanan yang mayoritas adalah nelayan tradisional, serta kondisi pantai yang tidak memungkinkan untuk dijadikan tempat pendaratan kapal besar.

"Kami memperjuangkan bantuan yang lebih sesuai dengan kebutuhan nelayan, seperti perahu, mesin tempel, alat pancing, alat penangkap lobster, dan lainnya. Hal ini penting untuk meningkatkan kesejahteraan dan keberlanjutan mata pencaharian nelayan di Tabanan," tambahnya.

Dengan demikian, DPRD Tabanan berkomitmen untuk terus berjuang demi mendapatkan bantuan yang sesuai dan memadai bagi nelayan tradisional di Kabupaten Tabanan. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER