Bupati Sanjaya Apresiasi Pesemetonan Jero Beng Menjaga Tradisi Leluhur

  • 09 Februari 2024
  • 18:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 960 Pengunjung
Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, disambut Pesemetonan Jero Beng Banjar Lebah, Desa Dajan Peken, Tabanan, Jumat, (09/02/2024). SD/Hms/ist

Tabanan, suaradewata.com - Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, mengapresiasi semangat Pesemetonan Jero Beng dalam menjaga kelestarian tradisi, adat, agama dan budaya yang ada. Hal itu diungkapkan Bupati Sanjaya saat menghadiri Temu Kangen yang diselenggarakan oleh Pesemetonan Jero Beng sekaligus memonitoring pembangunan Penyengker Merajan Ageng Jero Beng, Banjar Lebah, Desa Dajan Peken, Tabanan, Jumat, (09/02/2024). 

Kehadiran orang nomor satu di Tabanan itu disambut meriah. Mulai dari Gamelan Beleganjur, melakukan persembahyangan dan disuguhkan Tari Gebyar Duduk Karya Maestro I Ketut Marya. "Yang perlu kita bangun adalah identitas, jati diri, ataupun karakter. Bagaimana leluhur kita dengan tumpah darah semangat berjuang membangun Tabanan kalau tidak kita ketok tularkan pada era saat ini," Sanjaya.

Berbicara tentang tradisi, adat, agama dan budaya di Tabanan, kata Sanjaya tidak lepas dari peran Puri dan Jero. Maka dari itu, pihaknya selalu mendukung pembangunan di seluruh Puri dan Jero yang ada di Tabanan. “Tujuannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Puri dan Jero karena sebelum kemerdekan adalah Puri dan Jero sebagai Pusat Pemerintahan dan sebagai Pusat Pelestarian Budaya," ujar Sanjaya. 

Tarian Gebyar Duduk yang disuguhkan penghormatan kepada sesama. Begitu juga lukisan dari pesemetonan Jero Beng. "Bangun kehormatan kita sebagai orang Tabanan yang memiliki jatidiri yang hebat. Tetap pertahankan kelestarian budaya di Puri dan Jero di Tabanan, terutama di Jero Beng," imbuh Sanjaya.

Sementara Ketua Pesemetonan Jero Beng, I Gusti Ngurah Agung Juliawan, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Tabanan. "Kehadiran Bupati hari ini merupakan kehormatan yang luar biasa bagi kami. Untuk itu, kami ucapkan terimakasih atas kehadiran dan dukungan dari Bupati beserta jajaran," ujarnya sekaligus mengcapkan terima kasih atas bantuan dana hibah untuk pembangunan penyengker. Rls/gin/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER