Doakan Pemilu 2024, PHDI Bali dan Ormas Hindu Gelar Santi Puja di UNHI

  • 09 Februari 2024
  • 11:50 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1379 Pengunjung
Santi Puja yang digelar PHDI Bali dan Ormas Hindu di Pura Maha Widya Mandira Kampus Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, Kamis (08/02/2024). SD/hms/ist

Denpasar, suaradewata.com – Guna mendoakan pemilu 2024 berlangsung dengan aman, lancar dan damai, PHDI Bali dan Ormas Hindu menggelar Santi Puja di bertempat di Pura Maha Widya Mandira Kampus Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, bertepatan dengan Kajeng Kliwon Uwudan yang bertepatan dengan Purwaning Tilem Kaulu, Kamis (08/02/2024).

Santi Puja yang digagas PHDI Pusat secara nasional itu di Bali dilakukan dengan menghaturkan banten udel puredan, jerimpen, pengresikan beralaskan caru ayam. Tahapannya (1) Ngarga Tirtha (2) Pengayang Pangresikan, (3) Meupasaksi ring Ida Betara Surya, Sor Surya, dan Bethara Tirtha, (4) Mecaru, (5) Meupasaksi ring Ide Betara Kayangan, Ide Betara yang melinggih di Pura Padma Bhuwana Bali dan Padma Bhuwana Nusantara, (6) Meupasaksi ring Ida Betara Ista Dewata yang menguasai 9 penjuru mata angin, (7) Ngayab Upakara, (8) Ngemargiang tirtha pemuput, (9) Nunas pangresikan dengan natab biokaon, durmanggala, prayascita dan pemalaspas, (10) Puja Trisadhya, (11) Kramaning sembang (12) Mathirtha mohon air suci.

Pelaksanaannya puja pengastuti oleh empat Ida Pandita yakni Ida Pedanda Nabe Gde Bang Buruan Manuaba; Ida Pandita Mpu Nabe Siwa Budha Darmita; Ida Ageng Kanjeng Panembahan Jawi dan Ida Pandita Mpu Putra Daksa.

Tidak hanya itu sati puja juga diikutu sulinggih Sabha Pandita PHDI Pusat yakni Ida Pandita Agung Putra Nata Siliwangi Manuaba, dan Ida Sri Empu Dharma Agni. Ditambah 99 pinandita yang bernaung di bawah bendera Pandita Sanggraha Nusantara Provinsi Bali turut serta ambil bagian dalam Santi Puja.

Wakil Rektor IV UNHI, Dr. I Komang Gede Santhyasa, S.T., MT menyampaikan terima kasih atas dipilihnya UNHI sebagai tempat Santi Puja. “Semoga Pemilu 2024 berjalan damai untuk Indonesia Jaya, santi puja ini ini memberi vibrasi kedamaian luar biasa dimulai dari kampus UNHI,”ucapnya.

Begitu juga dnegan Ketua PHDI Provinsi Bali I Nyoman Kenak SH, menegaskan bahwa saatnya umat Hindu di Bali dan Indonesia dengan asas trikaya parisuda, mengendalikan sadripu, berlandaskan Sat Cit Ananda, berduyun-duyun ke TPS pada tanggal 14 Pebruari 2024, untuk memilih pemimpin Indonesia terbaik yang dapat menerapkan ajaran Asta Brata.

Sementara Sekretaris Sabha Pandita Ida Pandita Agung Putra Nata Siliwangi Manuaba mengungkapkan santi puja kali ini sebagai wujud nyata kontribusi PHDI dan umat Hindu dalam menjaga NKRI dalam pelaksanaan Pemilu 14 Pebruari 2024. Sulinggih Hindu Sunda Wiwitan yang sejuk ini mengungkapkan bahwa Umat Hindu datang ke pura untuk melaksanakan Santih Puja dengan riang gembira, sehingga diharapkan nanti dengan suasana hati yang sama juga pada tanggal 14 Pebruari 2024 datang ke TPS untuk memilih dengan merdeka tanpa tekanan intervesi, dengan pikiran jernih dan pemimpin Indonesia yang terbaik. Dengan demikian astungkara Indonesia Jaya akan tercapai. Rls/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER