Ngantor di Desa Candikuning, Bupati Sanjaya Tekankan Pengelolaan Sampah

  • 31 Januari 2024
  • 19:55 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1125 Pengunjung
Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M saat ngantor di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Rabu, (31/01/2024).- SD/hms/ist

Tabanan, suaradewata.com - Serap aspirasi, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M  galakkan Program Bungan Desa yakni ngantor di Kantor Desa. Kali ini Bupati Sanjaya ngantor di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Kegiatan ini merupakan yang ke-43 kalinya atau yang ketiga diawal tahun 2024 ini ngantor di kantor desa. Karena Desa Candikuning terkenal dengan destinasi wisatanya yakni Danau Beratan, maka Bupati menekankan masyarakat untuk terus melestarikan keindahan alam, serta memperhatikan pengelolaan sampah, Rabu, (31/01/2024).

Kehadiran Bupati Sanjaya di Desa Candikuning, juga mengajak serta Sekda, Para Asisten, Para Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemkab Tabanan dan Para Kepala Bagian di lingkungan Setda, Camat Se-Kabupaten Tabanan, Perbekel, Bendesa Adat dan Tokoh masyarakat setempat. Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga memastikan pelayanan pemerintah selama ini berdampak positif,  berlangsung maksimal dan tepat sasaran, melalui pelayanan KTP, Konseling, PBB, Perijinan, Perpustakaan, Kesehatan, Catatan Sipil dan lain sebagainya.

Tidak lupa Bupati Sanjaya memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat atas semangat dan kerja kerasnya dalam membangun dan mengembangkan potensi desa. Salah satunya yakni Danau Beratan yang merupakan Anugerah alam yang memikat. Di mana, keberadaannya memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang dalam, sehingga menjadi bagian integral dalam kehidupan di masyarakat.

Sebagai cerminan dari keharmonisan alam dan manusia, orang nomor satu di Tabanan itu menghimbau agar ekosistem warisan alam tersebut dapat terus terjaga dengan baik, salah satu langkah yang dititik beratkan yaitu pengelolaan sampah. Sanjaya menerangkan, persoalan sampah saat ini menjadi tantangan serius yang terus mengintai, khususnya keberlanjutan sektor pariwisata. Sampah yang tidak terkelola dengan baik, dapat mengurangi keindahan alam dan mengganggu ekosistem yang ada di objek wisata tersebut, sehingga dapat mengurangi daya tarik dan berakibat pada penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung.

“Langkah-langkah konkret dalam pengelolaan sampah di Desa Candikuning ini, misalnya membuang sampah pada tempatnya dan memilih jenis sampah, mari kita jadikan Desa Candikuning sebagai contoh yang baik dalam pengelolaan sampah. Mari kita nikmati keindahan alam sekitar Danau Beratan, sambil bersama-sama berkomitmen untuk menjadi pelindung lingkungan yang tangguh," sebutnya.

Dihadapan masyarakat Bupati juga mengatakan kehadirannya ditengah-tengah masyarakat guna menyerap aspirasi, kebutuhan serta permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat Candikuning. Karena pemerintah siap mendukung dan memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan yang ada, baik itu dalam infrastruktur, kesehatan, pendidikan maupun pengembangan potensi ekonomi lokal. Dampak yang diinginkan, tentunya adalah tingkat kesehatan masyarakat yang meningkat dan menurunkan angka stunting. Meskipun sesuai data statistik, Desa Candikuning terbukti bebas dari Stunting.

 

“Saya berharap, melalui kegiatan posyandu, bina keluarga balita, pemeriksaan kesehatan, pembagian kaca mata gratis dan konseling Semara Ratih bisa terlaksana secara optimal, sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat secara umum. Saya juga berharap, kunjungan saya kali ini dapat menjadi awal dari kerja sama yang lebih erat dan progresif antara Pemerintah Daerah dan masyarakat Desa Candikuning. Mari bersama-sama gilik saguluk dengan semangat bersatu dan bangga menjadi orang Tabanan, mewujudkan Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani," ujar Sanjaya penuh semangat.

Sementara Prebekel Desa I Made Mudita mengapresiasi perhatian pemerintah melalui Program Bunga Desa tersebut. “Program ini luar biasa, Bupati memberikan atensi khusus di Desa Candikuning. Saat ini potensi desa yang sedang unggul adalah pariwisata, destinasi wisata juga banyak, selanjutnya ada pertanian dan yang luar biasa di sini, persatuan erat umat Hindu dan Muslim sangat baik. Banyak orang dari luar survei tentang kerukunan umat beragama, kami di sini dengan saudara kami di Muslim, sangat erat sekali," paparnya.

Tidak lupa Mudita, atas nama prebekel dan masyarakat Candikuning mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah kepada masyarakat Candikuning. “Program Bungan Desa ini sangat membantu masyarakat, salah satunya pelayanan kacamata gratis, KTP, cek gula darah dan lain sebagainya,  sekali lagi atas nama masyarakat Candikuning kami mengucapkan terima kasih,” ucap Mudita. Rls/red/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER