Simposium Pemuda Peradah Serukan Pergerakan untuk Kemajuan SDM Tabanan

  • 11 Desember 2023
  • 16:05 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1359 Pengunjung

Tabanan, suaradewata.com – Peradah Indonesia Dewan Pimpinan Kabupaten Tabanan menggelar acara Simposium Pemuda pada 10 Desember 2023 di Wantilan Pura Luhur Pakendungan yang menghadirkan Pembicara-pembicara dari tokoh pemuda Tabanan yaitu dari Ketua Tabanan Hub, Ketua KNPI dan Praktisi Pemerintahan Desa.

I Gede Made Bayu Mertha Putra selaku Ketua Peradah Tabanan saat Simposium memaparkan bahwa Visi Peradah yaitu sebagai wadah pergerakan Pemuda Hindu, jadi ia berharap pergerakan pemuda hindu di Tabanan harus sesuai dengan ketentuan yang tentunya harus Baik dan Benar sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Sebelum melakukan pergerakan dibidang sosial masyarakat, budaya sampai ke politik di Peradah Kader nya harus diberikan Pelatihan terlebih dahulu sehingga pergerakan-pergerakan nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat” Ucap Made Bayu saat menjadi pembicara simposium pemuda

Dibarengi oleh I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom., M.Pd yang saat ini masih menjabat sebagai perbekel Desa Kukuh, Kerambitan, pada saat menjadi pembicara simposium pemuda ia menegaskan Pemuda Hindu harus melakukan pergerakan dengan cara mengambil peran dalam kepemimpinan di organisasi maupun jabatan strategis lainya, pergerakan sangat penting untuk kita mengambil peran yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya dulu di Umur 32 Tahun mencalonkan diri menjadi Calon Perbekel, tidak menyangka saya bisa menang padahal yang saya lawan salah satunya incomben, namun kemenangan itu tidak terlepas dari proses yang saya lalui” ucap Perbekel Desa Kukuh yang akrab disapa Mang Widhi.

Tokoh selanjutnya yang menyuarakan pergerakan yaitu Ketua Tabanan Hub Kadek Surya Prasetya Wiguna, SE. Ia menegaskan bahwa umat Hindu di Indonesia itu merupakan umat minoritas jadi pergerakan menumbuhkan jiwa-jiwa kewirausahaan itu sangat penting mengingat pentingnya ketahanan ekonomi umat Hindu.

“di Bali saja sudah kurang lebih 85 persen umat Hindu, berarti sisa nya umat lain, jadi jangan sampai kita semakin hari makin sedikit, harus ada pergerakan yang kita lakukan terutama di sektor ketahanan ekonomi umat Hindu di Bali, Pemuda Hindu kedepannya harus memiliki jiwa kewirausahaan” Tegas Kadek Surya yang merupakan Owner Cau Coklat.

I Made Dwi Agung Sastrawan, S.M selaku ketua KNPI Tabanan menambahkan Pemuda Hindu saat ini harus peka terhadap situasi dan kondisi bangsa, jangan sampai tertipu dengan hal yang diluarnya manis namun tidak tau didalamnya yang bisa saja tidak baik, apalagi saat ini situasi Pemilu jadi Pemuda Hindu harus ikut bergerak agar pemimpin selanjutnya mempunyai integritas dan rekam jejak yang bagus.

“Saat ini musim Pemilu kita selaku Pemuda Hindu harus objektif menilai calon sebelum menentukan pilihan, mengingat pemilih pemuda itu sebanyak kurang lebih 57% jadi Pemuda lah yang memegang peran penting” Ucap Gung Sastra selaku Ketua KNPI Kabupaten Tabanan.rls/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER