Perhatikan Pemenuhan Gizi Lansia, Tim Medis Lapas Lakukan Tes Antropometri

  • 28 November 2023
  • 21:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1471 Pengunjung
Perhatikan Pemenuhan Gizi Lansia, Tim Medis Lapas Lakukan Tes Antropometri

Tabanan, suaradewata.com - Bertempat di Ruang Poliklinik Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan telah dilaksanakan kegiatan Tes Antropometri bagi 6 (enam) orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kelompok rentan (Lansia) oleh Tim Medis Lapas Tabanan, Selasa (28/11/2023).

 

Tes antropomteri sendiri meliputi pengukuran ukuran tubuh, struktur, dan komposisi. Ada berbagai macam bentuk dan komposisi tubuh ideal, tergantung pada olahraga, posisi bermain, dan tingkat kebugaran. Tes Antropometri bagi Warga Binaan kelompok rentan sendiri dilaksanakan dalam rangka pemenuhan gizi bagi WBP lansia yang ada di Lapas Tabanan.

 

Kepala Lapas (Kalapas) Tabanan, Muhamad Kameily menjelaskan semua Warga Binaan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak sesuai dengan kebutuhan gizi mereka, tidak terkecuali untuk kelompok Lansia. “Warga Binaan lansia memang butuh perhatian khusus, mereka merupakan salah satu kelompok resiko tinggi dan rentan sehingga butuh perawatan khusus,” terangnya.

 

Pemeriksaan antropometri oleh petugas medis Lapas meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, lenga, kaki serta tanda-tanda vital. Kasubsi Perawatan Narapidana/ Anak Didik Lapas Tabanan, Hari Yogeswara berharap dengan dilaksanakannya tes antropometri tersebut dapat memastikan pemenuhan gizi bagi WBP terutama Warga Binaan usia rentan.

 

“Kami sangat aware dengan pelayanan di bidang kesehatan bagi Warga Binaan karena itu merupakan salah satu fungsi Lembaga Pemasyarakatan. Dengan tes antropometri ini kami berharap dapat memenuhi pelayanan kesehatan di bidang pemenuhan gizi Warga Binaan terutama kelompok rentan dimana ini juga merupakan harapan kami dalam pemenuhan hak-hak seluruh Warga Binaan yang ada di dalam Lapas,” tandasnya. rls/ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER