Ganjar Pranowo Mendapat Dukungan Lintas Elemen Masyarakat Sumbar

  • 24 November 2023
  • 13:00 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1243 Pengunjung

Oleh : Ferry Khairudin )*

Ganjar Pranowo merupakan figur pemimpin yang memiliki rekam jejak positif dalam memimpin. Oleh karenanya, tidak mengherankan apabila figur pemimpin ideal berambut putih tersebut mendapat dukungan lintas elemen masyarakat Sumatera Barat (Sumbar).

Pemilihan Umum atau Pemilu sudah di depan mata yang akan menjadi ajang pertaruhan gagasan untuk memperbaiki bangsa. Ajang lima tahunan ini juga terbilang istimewa karena banyak di dominasi oleh kelompok usia muda atau para pemilih pemula. Terkait hal tersebut, Pakar politik Universitas Negeri Surabaya (UNESA) misalnya menilai keterlibatan generasi muda merupakan suatu keharusan guna menyukseskan pesta demokrasi yang digadang-gadang sebagai gerbang strategis menuju Indonesia emas 2045.

Lebih lanjut, dirinya menilai bahwa generasi muda merupakan entitas penting yang dapat mempertahankan eksistensi dan pengaruh dari sebuah kebijakan yang dilakukan pemimpin. Dengan demikian, peran generasi muda dalam menyokong Pemilu 2024 membuat mereka harus cerdas dalam bertindak serta selektif dalam memilih pemimpin.

Sementara itu, sekelompok pemuda yang memang sangat peduli terhadap Pemilu telah memutuskan dukungannya kepada sosok Ganjar Pranowo. Kelompok pemuda yang tergabung dalam sukarelawan Orang Muda Ganjar (OMG) menilai bahwa mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu menilai sosok Ganjar Pranowo sebagai figur yang bersih dan jauh dari KKN.

Tidak hanya itu, para generasi muda Sumbar tersebut menjadikan Ganjar Pranowo sebagai sumber inspirasi khususnya di Kota Pariaman sehingga mendorong mereka untuk terlibat dalam pelestarian lingkungan. OMG Sumatera Barat juga enilai Ganjar sebagai pemimpin masa depan yang sangat peduli terhadap lingkungan. Maka dari itu mereka menginisiasi kegiatan penanaman bibit mangrove yang mendapat respons positif dari masyarakat Tanah Minang.

Kegiatan penanaman Pohon Mangrove sendiri berlangsung di Talao Apar Pantai Penyu, Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman pada Senin (20/11/2023) lalu. Kegiatan positif tersebut mendapat respons positif dari para pemuda. Salah satu peserta, Vika Tri Rizkita, menyatakan kegembiraannya karena bisa ikut serta dalam kegiatan penanaman bibit mangrove.

Menurut Vika, kegiatan semacam itu perlu terus dilakukan untuk memperbaiki ekosistem, terutama di Talao Apar Pantai Penyu. Ia berharap agar kegiatan serupa dapat berlangsung secara konsisten, dan mengajak lebih banyak pemuda untuk mencintai lingkungan. Sementara itu, Muhammad Fajri, Koordinator Wilayah (Korwil) OMG Sumatera Barat, menyatakan bahwa kegiatan penanaman bibit mangrove oleh sukarelawan tersebut terinspirasi dari Ganjar Pranowo, pemimpin yang dianggap sangat peduli terhadap lingkungan.

Menurut Fajri Ganjar Pranowo yang dikenal dengan rambut putihnya, memang dianggap sebagai tokoh bangsa yang memiliki kepedulian besar terhadap pelestarian lingkungan. Fajri mengungkapkan kegembiraannya karena kegiatan yang digagas oleh OMG Sumatera Barat mendapat respon positif dari masyarakat setempat. Kegiatan tersebut dinilai sangat positif dan berdampak langsung pada kebaikan lingkungan.

Apresiasi terhadap Ganjar Pranowo juga disampaikan oleh Ade Reza Hariadi, pengamat politik dari Universitas Indonesia. Menurut Reza, pasangan ideal Ganjar-Mahfud memanglah berkomitmen dalam melestarikan lingkungan. Dia pun menilai pasangan ini unggul dalam komitmen terkait upaya mengurangi gas emisi rumah kaca, dibandingkan dengan kandidat lain pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Tak hanya golongan muda, Ganjar Pranowo juga turut mendapat dukungan dari kalangan santri di Sumatara Barat. Sebelumnya, Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) turut membantu peningkatan akan mutu dari Pondok Pesantren (Ponpes) dengan cara memberikan bantuan berupa material untuk pembangunan ruang kelas di Ponpes Miftahul Kahfi yang berada di Jorong Durian Kuning, Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Menurut Koordinator Wilayah (Korwil) SDG Sumbar, Fikri Haldi mengatakan bahwa kegiatan pembangunan ruang kelas itu memang bertujuan agar para santri nantinya bisa jauh lebih berkonsentrasi tatkala melakukan aktivitas kegiatan belajar dan mengajar di dalam ruangan yang baru itu.

Fikri pun berharap bantuan yang mereka berikan bisa semakin meningkatkan mutu pendidikan dan juga mampu mencetak lulusan santri yang unggul dan berkompeten. Agar dengan adanya bantuan tersebut, mampu menjadikan para santri semakin lebih baik lagi dan ketika mereka lulus dari Ponpes nantinya bisa melanjutkan ke jenjang yang juga lebih baik lagi.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Miftahul Kahfi, Abdul Farid Tuangku Imam juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para sukarelawan Santri Dukung Ganjar di Sumbar itu karena telah melakukan kunjungan ke Ponpesnya dan juga bahkan memberikan bantuan berupa material untuk pembangunan. Dia juga mengakui bahwa memang sosok dari Ganjar Pranowo sendiri merupakan figur yang sangat dekat dengan Ponpes dan para santri.

Berkaca pada hal tersebut diketahui bahwa sosok Ganjar Pranowo sangatlah mendapat apresiasi dari masyarakat lintas elemen di Sumatera Barat. Hal itu juga menunjukkan bahwa sosok Ganjar memanglah sangat diterima masyakat d Ranah Minang, sehingga diharapkan dapat menang dalam Pemilu 2024 dan memimpin Indonesia dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

 

)* Penulis adalah kontributor Forum Literasi Pariaman


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER