HUT ke-530 Kota Tabanan, Ambil Tema Paduraksa Jayaning Singasana, Berikut Artinya

  • 03 November 2023
  • 22:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3070 Pengunjung
Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya saat memaparkan rangkaian HUT Kota Tabanan ke 530 yang dimulai pada Sabtu hari ini (4/11). 

 

Tabanan, suaradewata.com - Pembukaan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-530 Kota Tabanan akan digelar Sabtu (4/11/2023). Dimana puncak HUT Kota Tabanan akan dilaksanakan pada tanggal 29 November 2023 mendatang. 

 

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Jumat (3/11/2023) menjelaskan bahwa HUT Kota Tabanan kali ini mengambil tema Paduraksa Jayaning Singasana. Paduraksa ini berarti keseimbangan, keselarasan dan keharmonisan. Sehingga tema ini diambil sebagai wujud 

 

"Tema Padu Raksa Jayaning Singasana itu merupakan filosofi tentang keseimbangan dan keharmonisan, " tegasnya. 

 

Disamping itu angka 530 jika dijumlahkan menjadi 8 yang menunjukkan harmoni. 

 

Lebih lanjut, Bupati Sanjaya tema yang diambil dalam perayaan HUT Kota Tabanan kali ini bertujuan untuk memberdayakan potensi lokal yang dimiliki Kabupaten Tabanan, baik dari sisi pengisi acara HUT maupun masyarakat yang terlibat adalah masyarakat Tabanan.

 

 

"Nantinya, kesemarakan HUT Kota Tabanan ke-530 akan diwarnai dengan pementasan hiburan seni dan budaya oleh para seniman dan artis lokal, tujuannya adalah memberikan ruang bagi para Seniman ini untuk berekpresi. Sehingga konsepnya, dari kita untuk kita,” paparnya. 

 

 

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan HUT Kota Tabanan Ke-530, I Gusti Made Darma Ariantha, menyatakan persiapannya sudah dimulai sejak sebulan sebelumnya. Khusus untuk pembukaan akan dilaksanakan pada Sabtu (4/11) di areal Gedung Kesenian I Ketut Maria dan Taman Kota Bung Karno.

 

“Pembukaan Ini ditandai dengan kegiatan jalan sehat, pelepasan 530 balon, dan delapan ekor merpati dan dilanjutkan dengan lomba ikan mas koki bali dan acara hiburan lainnya yang berlanjut di hari berikutnya, Minggu (5/11), dengan creative fun walk," jelasnya. 

 

 

Rangkaian perayaan HUT Kota Tabanan ini, dilanjutkan Sanjaya akan berlanjut setiap pekannya hingga agenda parade budaya bertajuk Gema Singasana Tabanan akan digelar pada Senin (27/11/2023) dengan melibatkan Bupati, Wakil Bupati, seluruh pimpinan OPD dan ASN, seniman, Jegeg Bagus Tabanan, Paskibraka, hingga siswa-siswi di Tabanan.

 

 

Sedangkan puncak perayaan HUT Kota Tabanan Ke-530 akan berlangsung pada Rabu (29/11) yang ditandai dengan upacara di Taman Kota Bung Karno. Sementara di malam harinya akan dilakukan pemutaran video HUT Kota Tabanan ke-530, peluncuran buku biografi I Ketut Maria dan pemutaran video tari Terompong, penyerahan piagam penghargaan bagi para pengabdi seni. ayu/yok

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER