Ketua DPRD Tabanan Hadiri Karya Pitra Yadnya Ngaben Masal Warga Desa Subamia  

  • 07 September 2023
  • 21:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1424 Pengunjung
Ketua DPRD Tabanan Hadiri Karya Pitra Yadnya Ngaben Masal Warga Desa Subamia  

 

Tabanan, suaradewata.com – Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga  menghadiri karya pitra yadnya, Ngaben Masal yang digelar oleh warga Desa Subamia, dan berlangsung di Banjar Adat Subamia Kelong, Desa Adat Subamia, Kamis (7/9/2023).

 

Ngaben secara kolektif ini memiliki peran penting dalam menjalankan kewajiban, tanggung jawab serta penghormatan sebagai umat beragama, kepada para leluhur yang telah berpulang. Sebanyak 15 sawa dan 32 pemilet terdaftar untuk menjalani prosesi ngaben. Biaya ngaben sebanyak 10 juta per sawa sementara untuk pemilet yang menjalani prosesi ngelangkir, biaya yang dikeluarkan yaitu 500 ribu per pemilet. Sementara secara keseluruhan, sejumlah dana terkumpul dari partisipasi masyarakat, untuk memfasilitasi berbagai keperluan selama prosesi ngaben. 

 

Dirga pun menyampaikan apresiasinya terhadap semangat gotong-royong dan upaya keras warga Desa Subamia dalam menjaga dan melestarikan tradisi gama ini. Pihaknya menyatakan, semangat gotong-royong yang tinggi dalam menjalankan ngaben kolektif ini merupakan bukti nyata komitmen kita dalam menjalankan kewajiban, menghormati para leluhur serta sebagai wujud kebersamaan dan solidaritas yang harus terus dipertahankan. 

 

"Kita sampaikan apresiasi melihat semangat gotong royong agar upacara ini bisa berjalan dengan lancar, " Tegasnya. 

 

 

 

Puncak acara ngaben massal ini dijadwalkan akan berlangsung pada 8 September 2023 mendatang. Di kesempatan yang baik tersebut, warga Desa Subamia juga merasa sangat bersyukur atas dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya dalam mewujudkan ngaben masal ini. Dengan harapan, semangat kebersamaan ini akan terus terjaga dan menjadi inspirasi bagi ji yangdaerah-daerah lain di bali untuk tetap melestarikan tradisi leluhur di Bali. Kami mohon doa restu kepada Bapak Bupati, dan mohon agar terus bisa mendampingi kami dalam karya yadnya-yadnya di Desa Subamia kedepannya” Ujar I Gusti Made Dwija selaku ketua panitia. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER