Pilkel Serentak Di 11 Desa, Sekda Suyasa Harapkan Hasilkan Pemimpin Produktif

  • 23 September 2023
  • 13:55 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1485 Pengunjung
Rapat Koordinasi Pilkel Serentak di Kabupaten Buleleng Tahun 2023 bertempat di ruang rapat Bappeda pada Kamis, (21/9/2023).

Buleleng, suaradewata.com- Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Drs. Gede Suyasa,M.Pd harapkan pelaksanaan Pemilihan Perbekel (Pilkel) yang digelar serentak pada Minggu, 24 September 2024 berjalan sesuai regulasi dan menghasilkan pemimpin produktif sesuai juga dengan harapan masyarakat. Penegasan tersebut disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Pilkel Serentak di Kabupaten Buleleng Tahun 2023 bertempat di ruang rapat Bappeda pada Kamis, (21/9/2023).

 

Sebagai Ketua Tim Pengawas Pilkel Serentak, Suyasa menyebut sesuai Tupoksi sebagai Tim Pengawas, pihaknya sudah mulai melakukan pengawasan tahapan pelaksanaan Pilkel serentak di 11 desa dan di 7 kecamatan se Kabupaten Buleleng dari bulan Mei 2023 lalu.

 

Iapun mengatakan sebagai Tim Pengawas, pihaknya selama ini sudah melakukan pemantauan terkait jumlah peserta, dan fenomena yang terjadi setiap desa pemilihan termasuk mengenal figur calonnya. 

 

"Jadi sejak awal sudah kita ketahui. Mudah-mudahan dengan hal seperti itu, kami bersama tim dari unsur TNI/Polri dan panitia pemilihan desa bisa menjaga kondusifitas dari pelaksanaan Pilkel nanti," pungkasnya.

 

Menanggapi intruksi dari Sekda Suyasa, Plt. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buleleng Made Dwi Adnyana mengatakan saat ini DPMD selaku Panita Pilkel Serentak sudah mulai memetakan potensi-potensi yang menjadi polemik serta permasalahan di masing-masing desa dalam pelaksanaan Pilkel nanti.

 

"Kita sudah petakan bersama aparat desa, Babinsa serta Babinkamtibmas yang bernaung di masing-masing desa itu sendiri. Dimana secara tidak langsung sudah melakukan pemetaan dan memahami fenomena yang ada dimasyarakat sehingga pelaksanaan Pilkel bisa berjalan kondusif nantinya," terangnya.

 

Disinggung dari sisi persiapan Pilkel serentak, pria yang juga menjabat menjadi Camat Buleleng itu mengungkapkan bahwa dari sisi logistik sudah di distribusikan sampai ke tingkat desa mulai dari tanggal 15-17 September 2023, diantaranya mulai bilik suara, surat suara dan kartu pemilih sudah ada di desa yang selanjutnya akan didistribusikan ke TPS masing-masing oleh panitia Pilkel.

 

Made Adnyana berharap pelaksanaan Pilkel ini bisa berjalan aman, tertib dan lancar serta penuh suasana kekeluargaan dan perdamaian, karena yang memiliki desa adalah warga desanya tersebut. 

 

"Jadi, bagaimana nanti kita memilih calon pemimpin dengan tertib yang nantinya akan membawa kemajuan di masing-masing desa tersebut," tutup Adnyana.

 

Untuk diketahui dalam Pilkel di Tahun 2023, digelar di 11 Desa dari 7 Kecamatan yang diikuti oleh total calon perbekel sebanyak 33 orang, dimana 8 calon merupakan incumbent. sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER