PSI Buleleng Daftarkan 45 Bacaleg Ke KPU, Target 1 Fraksi Di DPRD Buleleng

  • 13 Mei 2023
  • 12:35 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1779 Pengunjung

Buleleng, suaradewata.com- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Buleleng, pada Jumat, (12/5/2023) sekitar Pukul 14.30 Wita secara resmi mendaftarkan bakal calon legeslatif (Bacaleg) untuk DPRD Kabupaten pada Pemilu 2024 mendatang, ke Sekretariat KPU Kabupaten Buleleng.

Kedatangan DPD PSI Buleleng yang dipimpin langsung Ketua DPD PSI Buleleng, I Komang Subrata Jaya, diterima oleh Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana didampingi anggota komisioner lainnya yang sekaligus menerima berkas dokumen pencalegan dari DPD PSI Buleleng.

Usai mendaftarkan para calegnya, Ketua DPD PSI Buleleng Subrata Jaya mengatakan sesuai dengan kuota maksimal pendaftaran Bacaleg, pihaknya di DPD PSI Buleleng telah mendaftarkan 45 orang Bacaleg ke KPU Buleleng. Dimana dari jumlah tersebut, terdapat 40 persen kuota perempuan.

“Bacaleg PSI, sebagaian besar kaum milenial dengan usia 25 hingga 45 tahun dari berbagai profesi, baik sebagai pengusaha muda maupun profesi lainnya,” ujar Subrata Jaya.

Lebih lanjut dikatakan belajar dari Pemilu sebelumnya, pihaknya telah melakukan pergerakan sosialisasi dan konsolidasi, baik menggunakan teknologi berupa iklan di televisi, maupun turun langsung ke masyarakat dengan melakukan aksi sosial menyasar Lansia dan disabilitas.

“Kami di PSI boleh dikatakan partainya anak muda yang aktif dan gesit bergerak melakukan aktifitas dan kreativitas yang positif. Dan malahan kader PSI ikut aktif dalam kegiatan sosial dengan menyasar lansia dan disabilitas,” ucap Subrata Jaya

Iapun menyebut pada Pemilu 2024 mendatang, PSI Buleleng mentargetkan satu fraksi dengan perolehan minimal 4 kursi di DPRD Buleleng. Dimana dalam hal ini, pola kampanye PSI dengan cara menggunakan teknologi berupa iklan di televisi, dan juga dengan turun langsung ke masyarakat.

“Dengan pola strategi kampanye 50 persen di media dan 50 persen turun ke masyarakat, dalam Pemilu nanti diharapkan mampu meraih 4 kursi di DPRD Buleleng atau minimal 1 fraksi. Mengingat selama ini, kami iklankan di media televisi sudah sejak 4 bulan lalu, memasang banner di kota-kota besar, dan melakukan aksi sosial,” jelas Subrata Jaya optimis.

Menurutnya dari 9 daerah pemilihan (Dapil) di Kabupaten Buleleng, terdapat 5 Dapil yang ditargetkan berpeluang mendulang suara untuk perolehan kursi di DPRD Buleleng. Diantaranya Dapil Kecamatan Buleleng, Tejakula, Kubutambahan, Gerokgak dan Kecamatan Seririt. 

“Belajar dari Pemilu sebelumnya, kami di PSI Buleleng siap untuk bersaing dengan partai besar. Kendatipun semua caleg kami bukan dari tokoh besar, tapi kami yakin masyarakat cerdas memilih. Kami berjuang untuk kepentingan masyarakat bukan sekedar ambisi untuk berkuasa dan menjadi pejabat. Kami berpolitik untuk mencerdaskan masyarakat” pungkas Subrata Jaya.

Sementara itu, Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana menyampaikan berkas dokumen Bacaleg PSI Buleleng telah dinyatakan lengkap dan sinkron sesuai dengan syarat yang diunggah di aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Kami telah menerima berkas 45 bacaleg PSI, dan juga telah dilakukan pencocokan. Sehingga dinyatakan lengkap dan sinkron sesuai dengan Silon, untuk sementara tidak ada revisi lagi,” ucapnya menegaskan.

Disebutkan juga bahwa hingga hari ke 12 pendaftaran Bacaleg dari partai peserta Pemilu 2024, terdapat 4 partai yang telah mendaftarkan Bacalegnya. Sehingga masih tersisa 14 parpol lain yang belum mendaftar. 

Disinggung tentang strategi, jika terjadi penumpukan pendafataran bacaleg, menurut Dudhi Udiyana pihaknya telah menyiapkan skenario agar pendaftaran tidak menumpuk di detik-detik terakhir pendaftaran. 

“Untuk mengantisipasi penumpukan pendaftaran bacaleg, kami sarankan agar melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Hal ini sudah kami koordinasikan dengan para pimpinan partai peserta Pemilu 2024,” tutupnya.sad/adn


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER