Perkuat Persaudaraan, Umat Hindu di Bogor Gelar Dharma Shanti Nyepi 1945

  • 07 Mei 2023
  • 15:00 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 1952 Pengunjung
Perkuat Persaudaraan, Umat Hindu di Bogor Gelar Dharma Shanti Nyepi 1945

Bogor, suaradewata.com – Untuk bersimakrama dan memperkuat persaudaraan, Umat Hindu Kota Bogor menggelar Dharma Shanti Hari Raya Nyepi 1945 di Pura Giri Kusuma Bogor, Sabtu (6/5/2023).

 

Kegiatan Hari Raya Nyepi Saka 1945 di Kota Bogor diawali dengan dibentuknya kepanitiaan yang bertugas menyelenggarakan rangkaian Hari Raya Nyepi Saka 1945 di lingkungan Kota Bogor yaitu: Bhakti Sosial, Melasti, Tawur Agung Kesanga, Nyepi dan Dharma Shanti. Putu Wardana selaku Ketua Banjar Suka Duka Hindu Dharma (SDHD) Bogor menunjuk Gede Wibawa selaku Ketua Panitia selanjutnya bertugas menjalankan seluruh rangkaian kegiatan ini.

 

Di lingkungan Kota Bogor, umat Hindu mengelola sebanyak 4 Pura yang tersebar di wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, yaitu: Pura Giri Kusuma di Kota Bogor, Pura Bumi Nata Sakti di Kesatrian Brimob Kedunghalang, Pura Angkasa Amertha Dharma Jati di Lanud Atang Sendjaja Bogor, Pura Tri Brata di Komplek SPN Lido. Setiap Pura juga membuat kepanitiaan masing-masing guna memastikan setiap rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan lancar.
 

Memaknai hal tersebut, umat Hindu Bogor berkolaborasi menguatkan kesadaran untuk selalu bersama, bergandengan tangan mewujudkan persatuan kesatuan antar keluarga, masyarakat, dan pemerintah sebagai bentuk Dharma Negara setiap insan Hindu.

 

Hari Nyepi Saka 1945 ini hampir bersamaan dengan awal bulan Ramadhan untuk umat Muslim dan Rangkaian Paskah bagi umat Nasrani. Sungguh kenyataan yang wajib disyukuri bahwa perbedaan dalam masyarakat adalah kenyataan yang memperkaya jati diri bangsa, tidak bisa dihindari dan justru menjadi pembangkit semangat kebersamaan.

 

Kegiatan Dharma Shanti adalah sebuah acara yang dirancang untuk bersimakrama atau silaturahmi, memperkuat persaudaraan sekaligus sebagai puncak acara rangkaian Nyepi Saka 1945 di Kota Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, 6 Mei 2023 bertempat di Pura Giri Kusuma Bogor.

 

Selaras dengan tema Hari Raya Nyepi Nasional Tahun Baru Saka 1945 yaitu: “Melalui Dharma Agama Dan Dharma Negara Kita Sukseskan Pesta Demokrasi Indonesia”, maka dalam Dharma Shanti di Kota Bogor ini panitia mengambil sub tema Simakrama: Bersama Menjadi Kuat dan Harmonis yang dapat diartikan silaturahmi atau persaudaraan dengan guyub menjadikan kita kuat dan hormonis dan selaras dengan salah seShanti dalam Hindu yaitu Wasudewa Kuntumbhakam (semua adalah saudara), Tat Twam Asi (Aku dan Kau adalah Dia) dan tentunya juga semboyan yang menjadi pandangan hidup bangsa dalam bernegara kita “Bhineka Tunggal Ika tan Hana Dharma Mangrwa”, berbeda-beda tapi tetap satu jua, tidak ada kebenaran yang mendua”

Sebagai rangkaian acara penutup, Dharma Shanti Kota Bogor akan menampilkan beragam acara kesenian, lomba-lomba dan Dharma Tula yang dipandu oleh Ketua PHDI Kota Bogor Wayan Suastika dan Wayan Gemuh K.

 

Nyoman Susila selaku Ketua Panitia Dharma Shanti menjabarkan bahwa salah satu acara kesenian adalah angklung yang menjadi salah satu icon budaya Sunda, akan dimainkan oleh ibu-ibu WHDI Kota Bogor. “Beragam tarian dan music akan ditampilkan oleh adik-adik remaja dan Mahasiswa Hindu serta yang tidak kalah menarik adalah menampilkan budaya kuliner Bali yaitu Megibung yang mirip dengan cucurak dalam tradisi sunda yang memiliki makna kebersamaan dan gotong royong,” ujarnya.

 

Guna memeriahkan acara panitia juga membagikan Doorprize kepada setiap umat yang beruntung. “Semoga dengan dilaksanakannya Dharma Shanti ini semakin menambah kekerabatan dan kebersamaan antara umat Hindu khususnya dan masyarakat pada umumnya sehingga terwujud harmoni,” tandasnya. ayu/rls


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER