Pelajar SMP yang Hanyut di Tukad Balian Ditemukan, Begini Kondisinya

  • 17 April 2023
  • 13:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1990 Pengunjung
Proses evakuasi jenazah korban I Putu Pasek Wira Saputra, 14, yang hanyut di Tukad Balian. Foto IST

Tabanan, suaradewata.com – Pelajar SMP, I Putu Pasek Wira Saputra, 14,  alamat Jalan Gunung Agung Gang 1A no 10 Denpasar, Banjar Mertayasa, Pemecutan Kaja, Denpasar Utara, yang hanyut setelah menolong sang ibu yang terseret arus saat Melukat di Tukad Balian, Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat, Minggu (16/4/2023) akhirnya ditemukan Senin (17/4/2023) dalam kondisi meninggal dunia.

Pencarian terhadap korban sendiri dilakukan dengan melibatkan tim gabungan dari Basarnas Provinsi Bali, BPBD Tabanan, Polairud Polres Tabanan. Polsek Selbar, serta warga setempat, sejak Minggu malam. Yang kemudian dilanjutkan Senin pagi dengan teknik penyelaman oleh tiga orang Diver Basarmas Bali.

“Sebelum pelaksanaan pencarian, seluruh Team melaksanakan APP dipimpin Kasi Ops Basarnas kemudian dilanjutkan pendeteksian sonar di bawah air menggunakan alat dari Basarnas Provinsi Bali,” ujar Kasi Humas Polres Tabanan, AKP I Nyoman Subagia.

Sampai kemudian sekitar pukul 11.46 WITA, korban berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. “Selanjutnya jenazah korban dibawa ke Puskesmas Selbar untuk dilakukan pemeriksaan,” tandasnya.

Sebelumnya, korban hilang terseret pusaran air di aliran Tukad Balian, Desa Lalanglinggah setelah korban dan keluarganya melaksanakan prosesi Melukat pada Minggu sore sekita pukul 15.30 WITA. Saat itu korban bersama dengan kedua orang tuanya, Made Sujana, 47, dan Putu Sintya Dewi, 38, melaksanakan upacara melukat di aliran Sungai Balian.

 

Setelah selesai prosesi Melukat, korban keluar dari sungai dan duduk dipinggir sungai dan memperhatikan kedua orang tua dan kerabatnya yang sedang mandi di sungai. Namun tiba-tiba gelombang air laut mencapai sungai dengan ketinggian sekira 30 cm dan membuat orang tua korban dan kerabat lainnya terseret ombak.

 

Karena melihat keluarganya terseret ombak, korban melompat ke sungai bermaksud menolong ibunya, namun tiba - tiba korban tenggelam seperti tersedot pusaran air dan langsung menghilang. Sedangkan Pelapor dan yang lainnya bisa diselamatkan dan keluar dari Tukad Balian. ayu/yok


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER