Keberadaan Beji Trisula Diharapkan Dapat Perhatian Pemerintah

  • 09 April 2023
  • 19:45 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1547 Pengunjung
Keberadaan Beji Trisula Banjar Tanggayuda Desa Bongkasa Kecamatan Abiansemal, Foto : Angga

Badung, suaradewata.com - Beji Trisula Banjar Tanggayuda Desa Bongkasa Kecamatan Abiansemal yang kental dengan magisnya ini diharapkan dapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Badung. Hal ini diungkapkan oleh Kelian Banjar Adat Tanggayuda Desa Bongkasa Kecamatan Abiansemal I Gusti Agung Ketut Suarsana bahwa keberadaan Beji Trisula ini diharapkan bisa menjadi Cagar Budaya. 

"Harapan kami terhadap Pemkab Badung memperhatikan keberadaan disini agar Beji Trisula ini bisa menjadi Cagar Budaya," ungkap Agung Suarsana kepada media suaradewata.com, Minggu, (09/04/2023). 

Selain itu, juga diharapkan bantuan dari pemerintah Kabupaten Badung untuk melakukan renovasi di Beji Trisula ini. "Sehingga Beji ini kelihatan asri dan bisa dimanfaatkan pelukatan yang ada disini," pungkasnya.

Ia juga menerangkan, akses menuju ke Beji Trisula saat ini sudah memiliki jalan yang baru. Karena jalan yang lama tidak baik untuk dilewati saat menuju ke Beji Trisula. "Jalan yang baru itu memang kita bikin secara swadaya masyarakat Banjar Tanggayuda. Kita bikinkan jalan setapak untuk mencari tirta penglukatan di Beji Trisula," terangnya.

Sementara, Jro Mangku Dalem Pingitan Wayan Sunarca mengatakan banyak masyarakat dari luar Desa Bongkasa maupun luar Kabupaten Badung datang untuk melakukan penglukatan. Bahkan diyakini bisa sembuhkan segala penyakit non medis. Kata ia, beberapa tokoh juga pernah melukat dan meyakini kesakralan dari pada Beji Trisula itu sendiri.

"Yang kesini yang pernah melukat hampir dari seluruh Bali yang datang. Dan kebanyakan yang kesini itu dia dapat pewisik atau dapat nunas bawos untuk melukat kesini. Juga pernah ada luar Desa yang hampir 1 Banjar pernah datang kesini," kata Jro Mangku Dalem Pingitan Wayan Sunarca.

Lebih lanjut Jro Mangku mengatakan, sebelumnya juga pernah ada salah satu pejabat di Kabupaten Badung melukat disini karena sakit. "Karena sembuh setelah melukat, akhirnya dia menghaturkan 1 Pelinggih di Beji Trisula ini," ujarnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER