Satgas Pangan Buleleng Sebut Harga dan Ketersediaan Pangan Aman Saat Lebaran Idul Fitri

  • 09 April 2023
  • 19:40 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1629 Pengunjung
Istimewa/suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Kepedulian terhadap keberadaan pangan, Tim Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng pastikan ketersediaan pasokan pangan tersedia dan juga harga komoditi stabil menjelang hingga sesudah lebaran Idul Fitri. 

Kepastian itu terungkap setelah Tim Satgas Ketahanan Pangan Buleleng secara rutin dua kali seminggu melakukan sidak ke beberapa pasar yang ada di Kabupaten Buleleng.

Sekretaris II Tim Satgas Ketahanan Pangan Buleleng I Gede Putra Aryana saat dikonfirmasi, pada Minggu, (9/4/2023) mengatakan Tim Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng secara rutin melakukan pemantauan ke titik sentra pasar dan distributor pangan dua kali dalam seminggu. Dari hasil pantauan dipastikan ketersediaan pangan dan harga komoditi seperti beras, cabai dan minyak goreng dipastikan aman.

"Astungkara ketersediaan pangan aman dan harga komoditi stabil sebelum  dan bahkan sesudah lebaran nanti," ucap Aryana yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng.

Aryana menambahkan, selain melibatkan Tim Satgas, pihaknya juga mengerahkan Tim Analis Pangan dari DKPP Buleleng untuk melakukan pemantauan setiap harinya guna memastikan tidak ada kenaikan harga dan kelangkaan komoditi sebelum dan sesudah lebaran.

Bahkan dalam pemantauan terakhir yang dilakukan, ada salah satu distributor yang mengalami kehabisan stok minyak. Sedangkan di beberapa tempat distributor lainnya stok minyak masih aman. Namun keaadaan ini sudah bisa diantisipasi oleh Tim Satgas serta tidak perlu untuk dikhawatirkan.

Mantan Camat Busungbiu itu meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak panik dan berbelanja sesuai kebutuhannya saja. Karena kemungkinan lonjakan harga pasti ada karena permintaan dari satu komoditas itu tidak diiringi dengan ketersedian pangan. 

"Kemungkinan itu bisa saja terjadi dan kami sudah siap antisipasi itu. Kami juga minta kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mengawasi serta melaporkan jika ada pihak tertentu menimbun komoditi, sehingga kelangkaan pangan dan harga senantiasa kita jaga," tutupnya.

Sementara itu, dalam memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan, Tim Satgas Pangan melalui Perumda Swatantra dan Perumda Pasar Argha Nayottama Buleleng membuka gerai di dua induk pasar setiap harinya, yakni di Pasar Anyar dan Banyuasri. Dimana kebutuhan pangan tersedia disini tentunya dengan stok pangan yang memadai serta harga yang stabil sehingga dapat menjadi alternatif masyarakat saat dan sesudah lebaran nanti.sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER