Setahun Menjelang Pemilu 2024, KPU Buleleng Gelar Kirab Akbar

  • 09 Februari 2023
  • 08:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1543 Pengunjung
Istimewa/suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng akan menggelar Kirab Akbar tepat setahun menjelang diselenggarakan Pemilihan Umum (Pemilu) Legeslatif, Presiden dan Wakil Presiden RI pada 14 Januari 2024 mendatang. Terhadap hal ini, KPU Buleleng melaksanakan rapat persiapan Kirab Akbar di Ruang Rapat Kantor Bupati Buleleng, pada Rabu, (8/2/2023).

Kirab Akbar yang akan di laksanakan itu, pada Selasa, 14 Februari 2023, dengan tema "Satu Tahun Menjelang Hari Pemungutan Suara Pemilu Tahun 2024." 

Adapun rute kirab akbar ini, dengan start di Taman Kota Singaraja - Jalan Diponegoro (Peken Anyar) - Jalan Surapati - Jalan Wr. Supratman - Jalan Ratulangi – Jalan Setia Budi – Jalan Gajahmada - Jalan Veteran – Jalan  Pahlawan - Jalan Laksamana - Jalan Serma Karma - Jalan Ahmad Yani dan kembali lagi ke Kantor KPU Buleleng yang dilanjutkan dengan menaikan seluruh bendera Parpol.

Ketua KPU Buleleng Gede Dudhi Udiyana menjelaskan Kirab Akbar ini diselenggarakan untuk memperkenalkan Parpol yang ikut dalam Pemilu 2024, serta hari dan tanggal pemungutan suara kepada seluruh masyarakat Buleleng.

“Mekanisme yang dicanangkan untuk menyukseskan kirab akbar tersebut, dengan menggunakan kendaraan roda empat dari partai politik yang dilengkapi dengan berbagai atribut masing-masing yang sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat.” ujarnya

"Berbagai persiapan sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait untuk menjamin keamanan dan ketertiban. Mudah-mudahan bisa berjalan lancar dan tidak ada permasalahan dalam perhelatan ini," jelas Dudhi Udiyana

Iapun menerangkan dari keseluruhan parpol yang berjumlah 18 tersebut, nantinya akan dibatasi hanya menggunakan maksimal 3 kendaraan roda empat, dan tidak diperkenankan membawa  kendaraan bermotor untuk menjaga kondusifnya pelaksanaan kirab akbar tersebut. Namun, hal tersebut dikecualikan bagi badan AdHoc dari KPU yang akan menggunakan roda dua untuk membantu menutup jalur yang akan dilalui.

“Kami berharap pelaksanaan kirab  dapat memaksimalkan penyampaian informasi mengenai Parpol dan pelaksanaan Pemilu 2024  kepada masyarakat Buleleng. Sehingga nantinya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi meramaikan pesta demokrasi.” harapnya.

"Sosialisasi ini, outputnya agar dapat meningkatkan pendidikan politik kepada masyarakat, dan dapat meningkatkan tingkat partisipasi dalam pemungutan suara," pungkas Dudhi Udiyana.sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER