Desa Adat Buleleng Antusias Sukseskan Lomba Bulan Bahasa Bali

  • 01 Februari 2023
  • 21:05 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1491 Pengunjung
istimewa/suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Serangkaian menyambut Bulan Bahasa Bali yang ke-5 di Tahun 2023, dan juga sesuai Surat Edaran Gubernur Bali serta hasil tindak lanjut dari Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali, diintruksikan untuk seluruh Desa Adat se-Bali agar berpartisipasi dalam peringatan Bulan Bahasa Bali, yang peringatannya dirayakan setiap tahun pada bulan Pebruari.

Bak gayung bersambut surat edaran gubernur ini, dimana seluruh Desa Adat se-Kabupaten Buleleng melakukan persiapan menyambut Bulan Bahasa Bali. Hal itu juga merupakan perwujudan dalam melestarikan sastra dan aksara Bali yang telah ditetapkan sejak Tahun 2018 lalu.  

Salah satu Desa Adat di Kabupaten Buleleng yakni Desa Adat Buleleng dibawah kendali Jro Nyoman Sutrisna telah melakukan persiapan guna menindaklanjuti Program Gubernur Bali tersebut.

Kelian Desa Adat Buleleng Jro Nyoman Sutrisna mengatakan dalam memperingati Bulan Bahasa Bali khususnya di wewidangan Desa Adat Buleleng yang memiliki 14 Banjar Adat itu, akan mengikuti 2 dari 3 lomba yang diintruksikan. Diantaranya lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Pidarta (Pidato) Bahasa Bali antar Kelian Banjar Adat Buleleng.

Ia mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya telah bersinergi dengan Penyuluh Bahasa Bali yang ada di Kecamatan Buleleng. 

"Penyuluh ini nantinya akan diberikan SK dari Kelian Desa Adat Buleleng, sekalian bertugas mengkoordinir seluruh persiapan bersama anggota panitia lainnya. Dan sampai saat ini, masih dalam tahapan koordinasi dengan para Kelian Banjar Adat. Dan nantinya melalui hasil koordinasi itu diputuskan 14 Banjar Adat akan mengikuti lomba tesebut." jelas Jro Nyoman Sutrisna. 

Menurutnya pihak panitia telah memutuskan didalam lomba nyurat aksara Bali diikuti 14 Banjar Adat yang ada SD-nya. Sedangkan untuk Pidarta Bahasa Bali akan diikuti oleh 14 Kelian Banjar Adat se Desa Adat Buleleng yang rencananya akan digelar pada Minggu, 19 Pebruari 2023 mendatang.

Diharapkan dalam pelaksanaan kegiatannya, nantinya para peserta dari tingkat SD maupun Kelian Banjar Adat bisa mengikuti dengan tertib sesuai hasil technical meeting yang sudah dilakukan sebelumnya. Sehingga dalam perlombaan bisa mendapatkan hasil terbaik hingga ke tingkat kecamatan bahkan sampai ke tingkat provinsi.

"Nantinya para pemenang lomba ini akan difokuskan untuk mendampingi kami di Desa Adat Buleleng untuk mengikuti lomba di tingkat kecamatan. Mudah-mudahan dengan doa restu khususnya masyarakat Desa Adat Buleleng, peserta ini mampu mendapatkan hasil terbaik di kecamatan  bahkan sampai ke tingkat provinsi," harapnya.

"Kami juga berharap kepada seluruh elemen masyarakat mulai dari anak-anak, remaja dan pelingsir di Wewidangan Banjar Adat Buleleng agar mampu memahami, menerapkan serta melestarikan keajegan budaya Bali melalui lomba Bulan Bahasa Bali tersebut khususnya dalam tata titi penggunaan bahasa dan aksara Bali.” pungkas Jro Nyoman Sutrisna.sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER