Bupati Sedana Arta Resmikan Pasar Singa Mandawa Kintamani, Pedagang Diminta Jualan Setiap Hari...

  • 09 Desember 2022
  • 23:25 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1385 Pengunjung
Bupati Sedana Arta saat meresmikan tuntasnya pembangunan tahap I pasar Singamandawa, Kintamani. SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Sesuai target jelang akhir tahun 2022, pembangunan tahap I (satu) pasar Singamandawa Kintamani akhirnya tuntas. Hal ini ditandai dengan peresmian yang dilakukan oleh   Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta di dampingin oleh Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar serta Wakil Ketua 2 DPRD Kab. Bangli Komang Carles,  bertepatan dengan Rahina Purnama, Kamis (8 Desember 2022) di halaman parkir pasar Singamandawa Kintamani. 

Dalam sambutanya Bupati Bangli menjelaskan,  tahap pertama pembangunan pasar ini berfokus kepada struktur bangunan Ruko yang nantinya dapat memberikan kenyamanan bagi para calon pedagang maupun pembeli.  Bupati berharap nantinya tidak hanya pasar Singamandawa, tetapi seluruh pasar di Bangli dapat mencontoh sistem pembayaran non tunai (cashless) atau pembayaran digital melalui q-ris seperti di kabupaten lain yang sudah banyak mengadaptasi perkembangan jaman dan sudah di terapkan di pasar tradisonalnya. "Sebagai contoh, ada pasar diluar Bangli yaitu pasar Banjar di Buleleng sudah 100 persen non tunai," ungkap Bupati Bangli. 

Bupati Bangli juga menghimbau kepada OPD terkait yakni Kadis PU PR PERKIM dan Dinas Perindag Bangli untuk dapat menyelesaikan proses tender pembangunan pasar Singamandawa tahap II pada akhir tahun ini,  atau maksimal pada Januari tahun depan,  serta  meminta Inspektor  Bangli untuk mengawal proses tender tersebut agar dapat selesai tepat waktu sesuai dengan yang di rencanakan. "Dana yang di siapkan untuk proses pembangunan tahap 2 ini sejumlah  Rp 75 miliar," ujarnya.  

Lanjut disampaikan, tujuan pembangunan pasar Singamandawa ini akan meningkatkan perputaran ekonomi tidak hanya di Kintamani, tetapi juga perekonomian di Bangli, sehingga  dapat meningkatkan pula PAD Bangli. "Untuk itu, kita minta komitmen tegas dari para pedagang terhadap pengelola pasar untuk dapat membuka daganganya setiap hari. Bukan 3 hari sekali," tegas Bupati Bangli. 

Sebagai penutup dari rangkaian peresmian Pasar Singamandawa,  Bupati Bangli melakukan peninjauan langsung terhadap bentuk struktur dan kualitas bangunan ruko Pasar Singamandawa yang sudah selesai pada tahap I, dan akan segera masuk tahap II. Bupati juga berpesan untuk pengelola Pasar agar dapat memberikan transparansi pada pengelolaan pasar tersebut dan tentunya harus tetap berbenah serta bersama menjaga kebersihan Pasar Singamandawa. Untuk diketahui, proyek pembangunan Pasar Singamandawa tahap pertama ini, menghabiskan dana Rp. 7. 201.452.000,- dan dikerjakan selama 178 hari pembangunan.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER