Pj. Bupati Lihadnyana Serukan Remaja Ikut Aktif Edukasi HIV/AIDS Sedini Mungkin

  • 07 Desember 2022
  • 21:15 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1385 Pengunjung
Istimewa/suaradewata

Buleleng, suaradewata.com -Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana menegaskan para remaja agar turut berpartisipasi dalam membantu pemerintah menjadi agen perubahan dikalangan sebayanya, dengan memberikan edukasi dan informasi yang benar. Sehingga permasalahan seks bebas, NAPZA,  PMS dan HIV/AIDS ini bisa dicegah sedini mungkin.

"Kami menyambut baik kreativitas dari remaja Generasi Berencana (Genre) yang tergabung dalam Forum Genre Provinsi Bali dan Forum Genre Kabupaten/Kota, khususnya Forum Genre Kabupaten Buleleng yang mengambil perannya dalam menginisiasi kegiatan peringatan hari Aids," penegasan ini disampaikan Pj. Bupati Lihadnyana melalui kata sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana,

Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Buleleng

Nyoman Riang Pustaka dalam acara pembukaan kegiatan Promosi Genre dalam momentum peringatan hari Aids  di Wantilan Sasana Budaya Singaraja, pada Rabu, (7/12/2022).

Lebih lanjut Pj. Lihadnyana menambahkan partisipasi remaja yang bermakna tidak hanya semboyan semata, namun harus diterapkan dikehidupan para remaja sesuai dengan tema yang diusung dalam peringatan hari Aids yakni "Stop Inequality Prove Your Quality", dalam hal ini  sangatlah tepat  menjadi seruan bersama untuk tidak mendiskriminasikan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) serta mengedepankan "Jauhi Virusnya Bukan Orangnya".

"Kita semua setara. Mari kita saling merangkul dan mendukung, berprestasi serta berkontribusi untuk remaja Bali pada umumnya dan remaja Buleleng pada khususnya yang sehat, cerdas, ceria dan berencana," pintanya.

Sementara itu, Sekretaris BKKBN Provinsi Bali I Made Arnawa mengatakan HIV dan AIDS masih menjadi isu kesehatan yang ramai diperbincangkan. Infeksi karena virus ini diyakini lebih rentan terjadi pada usia remaja. Ini menjadi bukti bahwa remaja menjadi kelompok usia yang paling rentan mengalami infeksi HIV dan mengidap AIDS. HIV pada remaja juga dikaitkan dengan kurangnya edukasi pada remaja tentang tubuh mereka, baik dari segi fisik maupun mental hingga mengetahui bagaimana menjalin hubungan yang sehat dengan lawan jenis. 

Arnawa menekankan bahwa BKKBN sebagai salah satu instansi yang berpartisipasi aktif dalam membantu dan membina menyiapkan masa depan remaja agar dapat merencanakan kehidupan berkeluarga serta menjawab tantangan yang terjadi pada remaja, melaksanakan Program Genre. Remaja Genre berkumpul dalam wadah Forum Genre yang berada di Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Bali. 

"Keberadaan Forum Genre dan remaja Genre kami harapkan menjadi media promosi program – program Pemerintah dan mampu membawa pengaruh positif di kalangan remaja sebayanya," harapnya. Sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER