Hasil Musdes, Tiga Perbekel PAW Segera Dilantik

  • 15 November 2022
  • 19:45 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1501 Pengunjung
istimewa/suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Hasil musyawarah desa (Musdes), tiga orang Perbekel Pengganti Antar Waktu (PAW) untuk Desa Munduk, Desa Dencarik dan Desa Bondalem yang terpilih beberapa waktu lalu, akan sesegera mungkin dilakukan pelantikan. Mengingat tiga Perbekel PAW yang terpilih, agar bisa menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran (TA) 2023.

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buleleng, Nyoman Agus Jaya Sumpena menerangkan bahwa pemilihan Perbekel PAW Desa Munduk, Desa Dencarik dan Desa Bondalem dilakukan melalui musyawarah desa (Musdes). Untuk Pilkel PAW Desa Munduk terpilih yakni Nengah Sudira, pada 12 Oktober 2022 lalu. Selanjutnya Desa Dencarik terpilih Ni Luh Kertawati, pada 19 Oktober 2022 dan Desa Bondalem terpilih Gede Arya Odantara, pada 11 November 2022. 

"Saat ini kami di DPMD Buleleng masih menunggu hasil panitia Pilkel PAW Desa Bondalem. Sedangkan untuk Desa Munduk dan Desa Dencarik hasilnya telah diterima terlebih dahulu." ujarnya. 

Menurutnya setelah semua hasil disampaikan, maka pihak DPMD Buleleng akan segera melaporkan terkait dengan hasil pemilihan melalui Musdes di masing-masing desa ke Pejabat Bupati (Pj) Buleleng, agar segera bisa ditindaklanjuti untuk proses pelantikan Perbekel PAW terpilih ini.

"Saat ini, kami masih menunggu laporan dari Desa Bondalem, kalau sudah diterima laporannya, barulah kami buatkan SK dan laporkan ke Pj Bupati untuk dicarikan waktu soal pelantikannya." jelasnya. 

"Dalam hal ini, kami berusaha agar secepatnya dilantik, sebab mereka harus membuat APBDes Tahun 2023," imbuh Agus Jaya Sumpena, pada Selasa, (15/11/2022) siang.

Camat Tejakula, Gede Suyasa mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkel PAW Desa Bondal sudah dilaksanakan pada 11 November 2022 lalu. Saat itu, terdapat 3 calon dengan total suara pemilih sekitar 147 orang perwakilan. Hasilnya, Gede Arya Odantara terpilih sebagai Perbekel PAW Desa Bondalem dengan perolehan 76 suara.

Terpilihnya Gede Arya Odantara ini akan melanjutkan sisa jabatan Perbekel Desa Bondalem yang masih berlangsung hingga tahun 2023 nanti.

"Sekarang ini, kami masih menunggu kapan waktu pelantikannya. Namun sebelum itu, kami segera akan melaporkan hasil dari proses pemilihannya," tandas Suyasa.

Sekedar diketahui, masa jabatan masing-masing Perbekel PAW kni berbeda-beda. Untuk masa jabatan Perbekel PAW Desa Munduk akan menjabat hingga tahun 2027 nanti. Sedangkan untuk masa jabatan Perbekel PAW Desa Dencarik dan Desa Bondalem akan menjabat sampai dengan tahun 2023 nanti.sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER