Terobosan Dinas Kebudayaan Kini Menampilkan Kesenian Modern Berbasis Dunia Digital

  • 15 November 2022
  • 19:50 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1607 Pengunjung
Kadis Kebudayaan Kabupaten Badung I Gede Eka Sudarwitha. foto : Angga

Badung, suaradewata.com - Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung kini menampilkan kesenian berbasis dunia digital. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung, I Gede Eka Sudarwitha bahwa dengan menampilkan kesenian berbasis digital merupakan terobosan untuk melestarikan seni dan budaya di Badung.

"Terobosan kita sekarang dalam bentuk yang kekinian atau Bali jani. Misalnya dengan memasukkan unsur unsur kesenian yang  modern seperti juga kesenian yang ada kaitannya dengan dunia digital," ungkap Eka Sudarwitha di ruang kerjanya, Selasa, (15/11/2022). 

Dinas Kebudayaan juga saat ini berkonsentrasi dalam hal bagaimana sekaa dan sanggar seni itu adalah betul-betul terpola dan terformat kelembagaannya. Karena yang selama ini banyak yang sudah berkiprah tetapi beberapa diantaranya tidak mampu mengejar agar sama kualifikasi dan klasifikasinya. 

"Seperti kemarin kita sudah menyelenggarakan lomba mini vlog serangkaian HUT Mangupura yang ke 13. Mini vlog kita selenggarakan yaitu lomba video vlog yang mengetengahkan tradisi dan Budaya di Kabupaten Badung," ujarnya.

Kegiatan lomba vlog mini ini menghabiskan anggaran kurang lebih hampir 500 juta rupiah dalam satu event, seperti biaya konsumsi, tenda dan juga hadiah. Lomba vlog ini diikuti 23 Sekaa teruna di Kabupaten Badung yang memang mengirim wakilnya karena atas nama sekaa teruna.

"Dengan harapan ada wadah bagi generasi muda kita dalam bentuk bentuk baru berkreativitas dengan seni dan budaya. Sehingga tetap perlindungan pelestarian dan pengembangan kas dan budaya Kabupaten Badung tetap," pungkasnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER