Suksesi Rektor Undiksha Singaraja, Empat Pendaftar Masuk Bakal Calon Rektor 

  • 14 Oktober 2022
  • 20:05 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1416 Pengunjung
istimewa/suaradewata

Buleleng, suaradewata.com - Genderang perhelatan suksesi Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja segera dimulai, setelah pendaftaran bakal calon rektor telah ditutup, pada Jumat, (14/10/2022) sekitar Pukul 16.30 Wita. Dimana sejak dibukanya pendaftaran pada 26 September 2022, telah tercatat  empat pendaftar yang masuk ke sekretariat panitia pemilihan rektor. Artinya, jumlah ini sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan Peraturan Senat Undiksha, sehingga panitia tidak melakukan perpanjangan pendaftaran.  

Sejak dibukanya pendaftaran bakal calon rektor, pendaftaran diawali oleh Prof. Lasmawan pada 10 Oktober 2022, selanjutnya di hari penutupan pendaftaran pada 14 Oktober 2022, muncul tiga pendaftar yang membuat perhelatan rektor ini semakin bergairah.  

Adapun ke-empat pendaftar sebagai bakal calon rektor Undiksha Singaraja, diantaranya Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, Prof. Dr. I Nengah Suparta, Dr. I Ketut Sudiana, dan Dr. I Wayan Artanayasa.  

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Undiksha, Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si mengatakan sesuai dengan Peraturan Senat Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pemilihan Rektor dan Peraturan Senat Nomor 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Rektor, jumlah pendaftar tersebut sudah memenuhi syarat untuk bisa berlanjut ke tahap selanjutnya. Sehingga pihak panitia tidak lagi melakukan perpanjangan pendaftaran.  

"Pendaftar dari luar tidak ada yang masuk mendaftar. Hingga di hari penutupan, terdapat 4 orang yang melakukan pendaftaran. Dalam hal ini sudah memenuhi syarat dan secara aturan sudah sesuai dengan Peraturan Senat, maka tidak ada perpanjangan," terangnya. 

 

Menurut Prof. Arnyana, kendatipun sudah ada empat pendaftar sebagai bakal calon rektor, namun hal itu belumlah final. Mengingat sesuai dengan tahapan, pihak panitia masih akan melakukan verifikasi administrasi, yang hasilnya nanti akan dilaporkan ke Senat Undiksha Singaraja pada 24 Oktober 2022 mendatang.  

"Pihak Senatlah nantinya yang berhak mengumumkan, siapa yang menjadi bakal calon rektor. Kami sebagai panitia hanya menyampaikan, bahwa sudah ada empat orang yang mendaftar. Selanjutnya, apakah nanti diterima atau bagaimana hasilnya, itu adalah kewenangan senat yang akan mengumumkan," jelasnya.  

Lebih lanjut dikatakan, mengenai penetapan bakal calon rektor oleh Senat Undiksha, telah dijadwalkan mulai 31 Oktober 2022 sampai 4 November 2022. 

"Jadi antara tanggal 31 oktober sampai dengan 4 Nopember mendatang, barulah fix penetapan bakal calon rektornya. Sekarang baru tahap pendaftaran, yang masuk empat orang pe daftar," pungkas Prof. Arnyana.sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER