Program AJP dan Jenazah, Pelayanan Memuaskan , Bupati Dana Optimis Akan Jadi Program Favorit

  • 24 Agustus 2022
  • 18:30 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1456 Pengunjung
Istimewa/suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Bupati Gede Dana mengatakan cukup puas dengan kinerja pelayanan Program Antar Jemput Pasien dan Jenazah yang kini genap berusia 1 tahun dan telah melayani sebanyak 14.233 layanan AJP dan 533  layanan Jenazah sampai saat ini (Juni 2021-juli 2022). Meski demikian, Dirinya tetap meminta para petugas di 8 Rayon yang tersebar di masing-masing Kecamatan se Kabupaten Karangasem, dapat terus meningkatkan kualitas pelayanannya.

Dalam evaluasi satu tahun program ini, Rabu (24/8/2022) di Taman Soekasada Ujung, Bupati mengaku optimis, jika komitment para petugas sejalan dengan Pemerintah daerah, maka program AJP akan menjadi program Favorit. “Untuk kekurangan dalam pemberian layanan, salah satunya layanan pengantar jenazah ke Krematorium (Pemakaman), akan dilakukan revisi Perbup agar permintaan masyarakat ini segera terpenuhi,” tegas Bupati Gede Dana.

Sementara itu, Wabup Artha Dipa juga ikut mengapresiasi kinerja para petugas AJP. Wabup menyampaikan ucapan terimakasih kepada petugas AJP yang sudah melakukan pelayanan dengan hati yang tulus. Dirinya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Puskesmas serta Camat dan yang lainnya, karena sudah melakukan pengontrolan kepada rekan-rekan AJP di lapangan.

Pelayanan antar jemput pasien dan jenazah yang dilatarbelakangi oleh masih banyaknya masyarakat Karangasem mengalami kesulitan dalam mengakses pelayanan kesehatan. Kebanyakan karena kesulitan transportasi yang diakibatkan karena faktor geografis, faktor biaya dan faktor tidak ada keluarga yang mengantar/menjemput.

Program Pelayanan Antar Jemput Pasien dan Jenazah sebelumnya telah di launcing pada tanggal 22 Juni 2021 oleh Bupati Karangasem sebanyak 6 rayon yaitu rayon Abang, rayon Karangasem, rayon Kubu, rayon Manggis, rayon Selat dan rayon Rendang. Di awal tahun 2022 berkembang lagi 2 rayon, yaitu rayon Sidemen dan Bebandem dengan total menjadi 8 rayon. Sehingga dapat melayani di semua Kecamatan di Kabupaten Karangasem.

Untuk dapat menggunakan layanan ini masyarakat dapat menghubungi Operator PSC 119 melalui Narahubung ( Kepala Dusun, Kepala lingkungan, Kelian banjar adat) di lingkungan masing-masing. Untuk Layanan Jenazah dengan menguhungi call center RSUD Kabupaten Karangasem.

Turut hadir Sekda Sedana Merta, Kadis Kesehatan, Para Camat, Kepala Puskesmas dan para petugas AJP dan Jenazah serta Operator PSC 119.nov/rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER