Serangkaian HUT Koperasi Ke 75, Ratusan Pengunjung Serbu Pasar Rakyat 

  • 22 Juli 2022
  • 20:55 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1386 Pengunjung
Kabupaten Buleleng pada Jumat, (22/7/2022) menggelar kegiatan jalan santai dan pasar rakyat dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke 75, di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja.  

Buleleng, suaradewata.com - Pemerintah (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagperindagkopukm) Kabupaten Buleleng pada Jumat, (22/7/2022) menggelar kegiatan jalan santai dan pasar rakyat dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke 75, di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja.  

Kegiatan jalan santai ini dilepas langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng Gede Suyasa dan beberapa Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Buleleng. Dimana kegiatan jalan santai diawali dari halaman Gedung Kesenian menuju Pasar Banyuasri, sembari menyerbu pasar yang kemudian finish di Gedung Kesenian.  

Mewakili Bupati Buleleng, Sekda Suyasa mengatakan menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) No 2 Tahun 2022 tentang peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Yang mana setiap daerah pengadaannya harus lebih banyak menggunakan E-Catalog dan harus menggunakan E-Katalog lokal. Maka dari itu, kesempatan bagi pelaku UMKM dan Koperasi untuk bisa masuk di dalam sistem E-Katalog lokal. Sehingga semua pengadaan barang dan jasa yang ada di daerah bisa dinikmati oleh UMKM dan Koperasi. 

“Koperasi harus bisa masuk ke ruang digital, maka semuanya harus bisa meningkatkan kualitasnya  dan mendekatkan diri pada modernitas,” ujarnya. 

Suyasa menekankan agar seluruh gerakan Koperasi, KUD, KPN dan yang lainnya, untuk mulai meningkatkan diri agar bisa menjadi lebih berkualitas dan masuk ke dunia modern. Sehingga tema dari HUT Koperasi tahun ini yakni menjaga koperasi tetap modern dan menjaga kedaulatan pangan dan energi bisa tercapai. 

“Koperasi sebagai landasan yang sangat kuat di bidang ekonomi dalam level menengah ke bawah dan sekarang diberikan ruang masuk ke digital supaya koperasi menjadi lebih baik, berkualitas dan lebih berdaya saing menuju digitalisasi,” ucapnya. 

Sementara itu Kepala Disdagperinkopukm Buleleng Dewa Made Sudiarta menyampaikan kali ini perayaan HUT Koperasi berbeda setelah 2 tahun tidak diadakan, karena pandemi. 

“Kegiatan kali ini berupa pasar rakyat, pameran UMKM dan serbu pasar serentak untuk belanja ke Pasar Banyuasri untuk dapat membangkitkan pemulihan ekonomi daerah khususnya di Kabupaten Buleleng. Selain itu, kita juga mengadakan layanan konseling sesuai arahan Bupati, bagaimana pelaku UMKM dan Koperasi ini agar bisa masuk ke dalam pengadaan barang dan jasa secara digital, " ujarnya. 

Iapun mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk kedepannya ikut menguatkan kolaborasi antara koperasi, UMKM, dan juga stakeholder lain, agar selalu ada dalam suatu ekosistem bisnis dan rantai pasok yang bagus, serta difasilitasi penguatan pasar. Karena koperasi modern itu harus paham, bagaimana menguatkan tata kelola koperasinya, mengerti dan memahami akses pasar, apalagi dengan adanya digitalisasi ini.  

"Kita berharap ke depan, koperasi bisa lebih maju, mandiri dan berjaya agar menjadi penyangga perekonomian masyarakat di daerah dan juga mendukung perekonomian nasional," tandas Sudiarta.sad/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER