Lewat Radio Global, Rai Wahyuni Sanjaya Ajak Warga Tangani Stunting

  • 11 Mei 2022
  • 15:45 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1119 Pengunjung
Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat Dikes Tabanan I Made Supardiyadnya saat melakukan dialog interaktif membahas masalah stunting di Radio Global FM Tabanan, Rabu, (11/05/2022).

Tabanan, suaradewata.com– Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, mengajak warga Tabanan untuk bersinergi dalam upaya menangani masalah stunting (tumbuh kembang biak anak, red). “Masalah Stunting menjadi fokus kami  saat ini. Dalam kesempatan yang baik ini saya mengajak seluruh masyarakat agar ikut peduli dengan membagikan pengalaman maupun pengetahuan terkait stunting," ajak Rai Wahyuni saat melakukan dialog interakrif di Radio Global FM Tabanan, Rabu, (11/05/2022).

Dialog yang dipandu penyiar Bram Wijaya tersebut semacam edukasi atau pengetahuan atau sharing pengalaman terkait masalah Stunting.

Rai Wahyuni yang juga Bunda PAUD Kabupaten Tabanan menegaskan bahwa tugas TP PKK untuk tahun ini berfokus pada aksi sosial dan sosialisasi. Sosialisasi tersebut termasuk pada dialog yang dilaksanakan kali ini yakni sosialisasi membahas tentang stunting. " Masalah stunting menjadi perhatian serius bagi seluruh Pemerintah di Indonesia. Oleh sebab itu, kita dari PKK tidak henti-hentinya untuk turut serta membantu, memberikan edukasi atau memberikan bantuan-bantuan agar masalah stunting ini bisa kita tangani bersama-sama,” ujar Rai Wahyuni Sanjaya.

Banyak hal tentang pembedahan masalah stunting dibahas dalam dialog tersebut, Rai Wahyuni Sanjaya berkeinginan agar pasangan yang memasuki jenjang pernikahan untuk mempersiapkan diri dengan cermat. Di saat kehamilan adalah hal yang paling penting, karena akan berdampak pada janin yang dikandung sampai lahir dan saat beranjak usia 2 tahun harus mendapat perhatian lebih. Dari hasil survey status gizi tahun 2021 Tabanan kata dia secara nasional terdapat 9,2 stunting pada balita di Tabanan dan 10,9 di Provinsi Bali.

 “Untuk itu kami di PKK tiada henti-hentinya bergerak memberikan bantuan kepada Ibu-ibu hamil biar mendapat asupan gizi yang baik. Kemudian anak-anak juga kita bantu bagaimana agar mereka tidak kekurangan gizi. Jadi, kami di PKK dan Dinas Kesehatan, serta semua pihak terkait sudah bahu membahu bersinergi dan secara terpadu berusaha menurunkan angka stunting khususnya di Kabupaten Tabanan,” tambah Rai Wahyuni Sanjaya. 

Sementara Kabid Kesehatan Masyarakat Dikes Tabanan I Made Supardiyadnya yang turut mendampingi mengatakan penanganan masalah stunting ini sangat penting, lantaran masalah ini perlu ditangani dari hulu, ketahui penyebabnya, setelah itu disiapkan apa solusinya. Untuk itu, senada dengan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, Supardiyadnya menyarankan agar para Ibu-Ibu memperhatikan gizi anaknya mulai dari dalam kandungan agar stunting itu bisa dicegah sedari dini. rls/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER