Bantuan 15 Ekor Bebek untuk Ratusan Warga Miskin Blahbatuh

  • 09 Mei 2022
  • 16:45 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1706 Pengunjung
Perbekel Desa Blahbatuh memberikan bantuan bebek kepada KK Miskin. Foto : gus

Gianyar, suaradewata.com - Sebanyak 134 KK miskin dari 12 banjar desa/Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar diberikan bantuan 15 ekor bebek per kepala keluaraga. Bantuan ini merupakan program pemerintah terkait ketahanan pangan. 

Perbekel Desa Blahbatuh, I Gede Satya, Senin (9/5/2022) mengatakan pemberian bebek ini telah melalui pertimbangan dan permintaan kk miskin. Sebelumnya dilakukan rapat, sejumlah opsi muncul seperti ayam, babi dan sapi."Sebelumnya kami telah rapatkan bersama kk miskin, jika ayam terlalu repot harus ada kandangnya dan kadang terbang ke rumah tetangga. Kalau babi juga harus ada kandanganya serta pengolahan limbahnya. Sapi mahal kemungkinan tidak semua kk miskin dapat, terakhir dipilih bebek. Bebek bisa di lepas saja di sawah sudah bisa hidup dia," terangnya. 

Perkiraan Satya, sekitar satu setengah bulan kedepan bebek tersebut telah menghasilkan telor. "Perkiraannya setengah bulan ini sudah menghasilkan telur. Nanti kk miskin bisa menjualnya atau konsumi sendiri, itu bagian dari ketahanan pangan," ujarnya. 

Sementara, data KK miskin yang dipakai ini merupakan acuan dari pendataan OPD pemkab Gianyar. Kedepan pihaknya selalu memonitor bebek tersebut agar tetap sehat saat di pelihara. "Hasilnya nanti tetap diserahkan kepada kk tidak mampu, telurnya entah mau dijual atau di konsumsi pribadi," jelasnya. 

Anggaran untuk ketahanan pangan ini bersumber dari 20% dana desa. Nilai ketahanan pangan ini Rp 191 Juta rupiah. Sementara khusus untuk barang diserahkan kepada masyarakat berupa bebek ini nilainya, Rp 126 juta rupiah. "Ketahanan pangan ini bisa digunakan untuk beberapa program, salah satunya pemberian bebek ini," ujarnya. 

Bebek yang disumbangkan ini tidak sepenuhnya didapat dari warga desa Blahbatuh. Namun pihaknya tetap mengusahakan agar warga desa Blahbatuh yang memberikan. "Ya di Blahbatuh tidak mencukupi, sisanya kami datangkan dari luar desa, tapi tetap warga kami yang mencarikan. Perputaran ekonomi tidak jauh dari warga kami," terangnya. 

Harapan Satya, dengan pemberian bebek ini, KK tidak mampu ini bisa meningkatkan taraf kesejahteraanya. Jika pun tidak bisa mengembangbiakan, warga ini akan dapat dapat dari hasil telurnya. Penyerahan bebek bertahap, dibagi jadwal untuk menghindari kerumunan.  "Itu bisa dijual dan dikonsumsi sendiri, protein keluarga bisa terpenuhi jadi bisa cukup pangan," tandasnya. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER