Terkait Rencana Pasar Loka Crana Jadi Mall Pelayanan Publik, Dewan Bangli Minta Pedagang Direlokasi

  • 21 Februari 2022
  • 22:30 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 1597 Pengunjung
Suasana Raker DPRD Bangli dengan Disperindag dan OPD terkait menyikapi rencana relokasi pedagang pasar Loka Crana, Bangli, Senin (21/2). SD/Ist

Bangli, suaradewata.com - Rencana Pemkab Bangli untuk menata Pasar Loka Crana menjadi Mall Pelayanan Publik, berimbas dengan relokasi yang mesti kembali dilakukan kepada para pedagang setempat. Terkait dengan itu, kalangan DPRD Bangli meminta agar relokasi pedagang Pasar Loka Crana agar ditempatkan di satu tempat. Hal ini terungkap saat DPRD Bangli, menggelar rapat kerja dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Senin (21/2/2022) di kantor DPRD Bangli di Kelurahan Kubu, Bangli. Rapat yang khusus membahas rencana relokasi pedagang Pasar Loka Crana tersebut, dipimpin langsung Ketua DPRD Bangli Ketut Suastika dan dihadiri beberapa perwakilan pedagang Pasar Loka Crana. 

Terungkap saat Raker yang juga dihadiri Dinas PUPRPerkim, Inspektorat dan BKPAD Bangli, relokasi pedagang dilakukan sehubungan adanya rencana penataan sekitar sepertiga bangunan pasar Loka Crana akan dijadikan Mall Pelayanan Publik di tahun ini. Sementara sisanya masih difungsikan sebagai pasar. Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Bangli Suastika dengan tegas meminta untuk relokasi pedagang Pasar Loka Crana jangan dipisah-pisah. "Pedagang yang satu komoditi harus dikumpulkan satu tempat," tegasnya. Hal itu ditekankan agar persoalan pedagang ini tidak semakin ruwet kedepannya. Hal yang sama juga disampaikan sejumlah anggota DPRD Bangli lainnya. Supaya tidak menyisakan persoalan kedepannya, pemindahannya mesti dilakukan semuanya. Dalam penempatannya, harus ngomplek disatu tempat," ujar  Nengah Dwi Madyayani.  Untuk itu, kalangan wakil rakyat ini meminta Disperindag untuk mengatur hal ini supaya tidak terus ada ribut-ribut dari pedagang.

Hingga akhirnya hasil raker itu, menyepakati pedagang Pasar Loka Crana seluruhnya direlokasi ke dalam satu tempat yakni Pasar Kidul. Hanya saja, selama pembangunan pasar Loka Crana dan Pasar Kidul yang juga akan dilakukan renovasi dalam proses pengerjaan,  untuk sementara para pedagang Pasar Loka Crana akan direlokasi di Pasar Eks Rutan Bangli yang ada diselatan Pasar Loka Crana tersebut.

Sebelumnya Kadisperindag Bangli Wayan Gunawan menyebutkan total jumlah pedagang di Pasar Loka Crana sebanyak 137 orang. Terdiri dari pedagang kain, sandal dan asesoris. Dari seluruh pedagang itu, rencananya sebanyak 74 pedagang akan tetap menempati kios di pasar itu. Sementara 63 pedagang sisanya akan direlokasi ke tempat lainnya.ard/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER