BINDA Bali Gandeng Masjid Agung Palapa dan GBI Rock Bukit Pujian Gelar Vaksinasi Massal

  • 13 November 2021
  • 14:20 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1708 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Sebagai upaya untuk mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi di Daerah maupun Provinsi, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah (BINDa) Bali, menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal di Gereja Bukit Indonesia (GBI) Rock, Pecatu Kuta Selatan Kabupaten Badung, Sabtu, (13/11/2021). Vaksinasi massal ini bekerjasama dengan Sosial Ummat Masjid Palapa dan GBI Rock Bukit Pujian Pecatu, Kuta Selatan. Yang mana vaksinasi ini melibatkan 6 Tim Gabungan 4 dari Dinkes Provinsi Bali dan 2 tim dari Dokkes Polda Bali. Untuk jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 1000 dosis Sinovac dan 250 dosis Astrazeneca. 

Kabinda Bali, Brigjen H. Purnomo S.H M.H., dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena telah diberikan kesempatan atas terselenggaranya vaksinasi massal di GBI Rock Pecatu, Kuta Selatan, bekerja sama juga dengan Sosial Umat dari Masjid Agung Palapa. Kegiatan vaksinasi kali ini kata dia, diprakarsai oleh Binda Bali, dimana BIN yang menaungi 34 Provinsi seluruh indonesia mendapatkan jatah vaksin dari Kemenkes berupa stok 10.000 vaksin.

"Sebagian besar sudah terselenggara di berbagai wilayah dan minggu depan rencananya vaksinasi untuk wilayah Bali akan dilaksanakan di Jembrana kemudian dilanjutkan ke Karangasem dan Klungkung," ucap Brigjen H. Purnomo.

Dengan pelaksanaan vaksinasi ini, pihaknya berharap kondisi pandemi segera berlalu. Selain itu, perlu disadari bersama bahwa kondisi semua saat ini sangat terpuruk, karena hampir 80 persen wilayah di Badung didukung sektor wisata. Sehingga diharapkan adanya vaksinasi menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi kedepannya. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Badung atas didukungnya baik secara finansial dan moril. "Atas segala kebaikan tersebut  semoga Kabupaten Badung semakin baik dan semakin jaya kedepan," katanya.

Tak lupa juga pihaknya menyampaikan apresiasi kepada pihak Masjid Agung Palapa dan GBI Rock Pecatu yang turut serta mensukseskan kegiatan ini. Pihaknya menegaskan, apabila nanti dalam pelaksanaan masih membutuhkan vaksin, maka pihaknya akan siap membantu. "Kami akan siapkan kembali apabila memang masih ada yg membutuhkan, karena stok vaksin BIN masih banyak dan panitia agar tidak membubarkan peserta terlebih dahulu," ujarnya. 

Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa SH yang hadir pada kesempatan tersebut, atas nama pemkab badung menyampaikan terimakasih dan mengapresiasi peranan BIN dalam membantu pelaksanaan vaksinasi secara nasional. Sebagai Ketua Forum Kerukunan Beragama, pihaknya mengatakan kalau kegiatan kali ini merupakan bentuk kerukunan beragama karena fenomena unik di dalamnya yakni pendaftaran di masjid dan pelaksanaan vaksinasi di gereja. "Ini adalah hal yang sangat baik dan positif bagi kerukunan beragama sehingga harus dilestarikan," ujar Adi Arnawa.

Lebih lanjut kata Adi Arnawa, Kabupaten  Badung yang dikenal sebagai destinasi wisata dimana dalam mewujudkan itu semua Pemkab dan jajarannya telah berupaya mendorong masyarakat untuk mematuhi prokes dan pelaksanaan vaksinasi massal agar dunia internasional dapat kembali hadir ke Kabupaten Badung. Untuk itu, diharapkan tidak ada warga badung yang tertinggal dalam melaksanakan vaksin. 

"Agar masyarakat tidak ragu-ragu dalam melaksanakan vaksinasi karena ini merupakan satu-satunya langkah dalam menyelamatkan saudara satu sama lain," ajaknya. 

Ketua Panitia Vaksinasi, Ir. Slamet Widodo dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas penyelenggaraan vaksinasi 1 dan ke 2 yang diselenggarakan oleh Sosial ummat Masjid Palapa bekerjasama dengan BIN. Pihaknya berharap semoga pelaksanaan vaksinasi ini dapat berjalan lancar dan kerja sama antara sosial umat dengan BIN dapat berlangsung berkesinambungan, utamanya dalam bidang sosial. 

Kegiatan vaksinasi dilakukan oleh 6 Tim Gabungan 4 dari Dinkes Provinsi Bali dan 2 tim dari Dokkes Polda Bali. Untuk jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 1000 dosis Sinovac dan 250 dosis Astrazeneca. Selain itu BINDA Bali juga melakukan kegiatan vaksinasi door to door dengan sasaran warga yang kurang mampu terutama lansia yang memiliki keterbatasan pendengaran dan  kemampuan berjalan yang terbatas sehingga tidak bisa datang ke lokasi vaksinasi massal Di Wilayah Desa Ungasan Kuta Selatan. Kegiatan Vaksinasi dilaksanakan bersama Sosial Ummat Masjid Palapa dan GBI Rock Bukit Pujian Pecatu Selatan,  hal ini juga dalam rangka menjaga kerukunan beragama di Provinsi Bali.rls/ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER