Rara Sukma Nahkodai DPC KPPI Kabupaten Badung

  • 25 Juni 2021
  • 21:05 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1594 Pengunjung
Suaradewata

Badung,suaradewata.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kabupaten Badung kini dinahkodai oleh Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi. Terpilihnya Rara Sukma menjadi Ketua DPC KPPI Kabupaten Badung setelah dilaksanakannya Musyawarah Cabang (Muscab) di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Badung, Jumat, (25/06/2021). 

Ketua DPD KPPI Provinsi Bali, Dewa Ayu Putu Sri Wigunawati mengatakan bahwa hari ini kita melaksanakan konsulidasi organisasi dengan melakukan Musyawarah Cabang DPC KPPI Kabupaten Badung periode 2021 - 2026. Musyawarah cabang ini dimaksudkan untuk bisa menyusun kepengurusan DPC KPPI Kabupaten Badung sehingga DPC KPPI Kabupaten Badung ini bisa melaksanakan program kerja. Yang intinya adalah KPPI merupakan wadah berhimpunnya perempuan lintas partai yang ada secara terstruktur ada di pusat Jakarta kemudian di Provinsi maupun di Kabupaten/kota.

"KPPI ini merupakan satu LSM yang mengawal keterwakilan perempuan 30 persen di legislatif. Dan KPPI program kerjanya adalah mengadvokasi dan mempersiapkan perempuan yang ada di masing masing partai politik agar bisa nantinya ketika dinominasi mempunyai kualitas kemudian mempunyai sumber daya yang bisa diandalkan dan bisa dilakukan sinergi dengan politisi laki laki," kata Sri Wigunawati, Jumat, (25/06/2021).

Ia pun menerangkan, bahwa sekali lagi keberadaan KPPI ini bukan sebagai pesaing tetapi menjadi partner menjadi bersinergi untuk membuat suatu kebijakan-kebijakan yang perspektif gender. Sehingga tidak ada yang namanya bias gender dan teman teman di KPPI mendapatkan pendidikan dan pelatihan tentang fungsi-fungsi nantinya ketika menjadi seorang anggota dewan 

 

"Baik itu fungsi legislasi, fungsi budgeting maupun fungsi kontroling. Jadi disinilah kawah candradimukanya perempuan politisi itu digodok, sehingga dia sudah siap nantinya ketika dia menjadi seorang legislatif," terangnya.

 

Sementara, Ketua Panitia Muscab DPC KPPI Kabupaten Badung, Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi yang terpilih langsung menjadi Ketua DPC KPPI Kabupaten Badung mengatakan, bahwa dirinya menerima mandat langsung dari DPD KPPI Provinsi Bali untuk melaksanakan muscab. Muscab ini bertujuan untuk memiliki anggota yang terstruktur, kemudian untuk selanjutnya, perjuangan dari KPPI sendiri akan dilanjutkan. Kata ia, bagaimana kita perempuan dari manapun itu dari asal warna apapun, jika bisa persentase laki-laki ini kita bisa imbangi.

 

"Kita tidak melawan laki laki. tidak, tapi agar seimbang saja. Jadi apapun itu kepentingan kepentingan perempuan dapat bisa diperjuangkan," kata Rara Sukma

 

Dari hasil muscab tersebut terpilih KSB KPPI Kabupaten Badung yakni Ketua Ni Luh Putu Gede Rara Hita Sukma Dewi dari partai PDI Perjuangan, Sekretaris Ni Komang Sulasih dari Partai Gerindra dan Bendahara I Gusti Ayu Sinta Mahadewi dari Partai Golkar. Untuk diketahui, pemilihannya masing-masing partai mengajukan calon sendiri atau berkoalisi. Dari 10 partai, 8 partai memilih koalisi dengan PDI Perjuangan.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER