Putri Koster Ingin Pertanian & Kerajinan Lokal Bali Jadi Penopang Kuat Sektor Pariwisata

  • 12 Oktober 2020
  • 16:55 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1434 Pengunjung
suaradewata

Denpasar,suaradewata.com - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster mengajak para pemodal besar, industri pariwisata, restoran hingga pasar modern menunjukkan kepedulian yang lebih besar kepada kelangsungan hidup UMKM di Bali.

"Lebih peduli-lah kepada produk-produk lokal, kepada pelaku usaha kita di Bali. Turut serta juga mensejahterakan UMKM lokal Bali, cari solusi bersama, gotong royong jika ada hambatan-hambatan di lapangan dan saya juga harap jangan Bali ini dijadikan konsumen semata, karena Bali juga punya banyak produk yang bisa kita olah dan kita kedepankan,” ucap Ny Putri Koster dalam arahanya pada acara Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal dan Fasilitasi KUR yang dilaksanakan di Hotel Vasini Denpasar, Senin (12/10) pagi.

Lebih lanjut pendamping orang nomor satu di Pulau Dewata itu menyebut Bali punya kelebihan, yakni jiwa seni yang kental dari masyarakatnya. “Jiwa seni jika dipadukan dengan jiwa kewirausahaan akan menghasilkan, tak hanya produk yang berkualitas, namun juga karakter budi yang luhur. Ke depan, kita harapkan pelaku UMKM, sektor kerajinan dan pertanian bisa menjadi kaki yang kuat yang menopang sektor pariwisata kita di Bali, sehingga ketika pariwisata itu goyah, keduanya masih bisa eksis mendongkrak perekonomian Bali,” katanya.

Sedangkan Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, IB Wisnuardhana yang hadir dalam acara itu menyampaikan, Bali memiliki berbagai produk pertanian non beras, baik buah-buahan, umbi-umbian dan aneka sayuran, termasuk berbagai tanaman obat serta produk peternakan yang sebagian dapat diolah menjadi produk olahan pangan lokal. "Produk olahan banyak diproduksi oleh UMKM skala rumah tangga maupun usaha mikro dan menengah. Diharapkan produk pangan lokal dapat lebih dikenal dan dikonsumsi masyarakat, karena tidak kalah enak, lebih bergizi, lebih sehat dan pasti lebih murah dibandingkan produk pangan luar yang banyak beredar di pasaran,” tutupnya.awp/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER