Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri Serahkan Ribuan KKC Kepada Siswa Penerima

  • 28 Juli 2020
  • 17:05 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1556 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri, Selasa (28/7/2020) menyerahkan Kartu Karangasem Cerdas (KKC) yang merupakan program pemerintah Kabupaten Karangasem sebagai implementasi dari visi dan misi Pemerintah Kabupaten Karangasem, dalam rangka peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) serta mencerdaskan masyarakat dan menekan angka putus sekolah. Dimana penerimaan KKC diwakilkan kepada masing-masing orang tua siswa penerima, di halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Olah Raga, Kabupaten Karangasem. 

Kadis Pendidikan Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, menyampaikan untuk penerima KKC tahun 2020 sesuai data yakni, siswa Sekolah Dasar sebanyak 11.220 orang dengan jumlah dana Rp4.488.000.000 dan kejar paket A 83 orang dengan jumlah dana Rp33.200.000 sehingga total dananya Rp4.521.200.000. 

Untuk siswa SMP sebanyak 3.088 orang dengan jumlah dana sebesar Rp1.544.000.000 dan kejar paket B sebanyak 141 orang dengan jumlah dana Rp70.500.000 sehingga total dananya sebesar Rp1.614.500.000. 

Sementara itu, Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri dalam kesempatan itu menyambut baik dan mengapresiasi berbagai inovasi yang telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Karangasem, salah satunya penyerahan KKC dimana hari itu juga dana KKC bisa langsung dicairkan oleh siswa melalui Bank BPD, Cabang Karangasem, untuk keperluan belajar dan sekolah siswa penerima. 

“Saya sangat selaku Pemerintah Kabupaten Karangasem sangat mengapresiasi berbagai terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Karangasem. Saya berharap, situasi Covid 19 yang terjadi saat ini, tidak menjadi penghambat kinerja masing-masing, melainkan tetap semangat untuk bekerja keras dan tidak putus asa, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Mas Sumatri. 

Sesuai dengan visi misi yang dirumuskan pemerintah Kabupaten Karangasem yaitu "Karangasem Cerdas, Bersih dan Bermartabat Berlandaskan Tri Hita Karana" pihaknya menjadikan itu sebagai garis komando pembangunan di Kabupaten Karangasem, “Berbagai cobaan yang ada, baik Erupsi Gunung Agung maupun Covid 19 saat ini, arah kebijakan tetap mengacu pada kemakmuran, dan kesejahtraan masyarakat Karangasem. Karena itu setiap OPD selalu saya berikan hirarki agar dalam melaksanakan program, senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat Karangasem,” tandasnya. 

Khusus di bidang Pendidikan, merupakan bidang yang utama daiam mewujudkan masyarakat yang cerdas, yang mengandung makna terwujudnya masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual, emosional dan spiritual yang seimbang. Pencairan beasiswa Kartu Karangasem Cerdas (KKC) hari ini menurutnya bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam menyekolahkan putra-putrinya untuk jenjang pendidikan SD, SMP maupun kesetaraan. “Pemberian beasiswa KKC telah kita mulai sejak tahun 2016 hingga tahun 2020,” tuntasnya.nov/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER