Pemkan Tabanan Siapkan PMI Rumah Singgah, Satu Pasien Positif Covid-19 Sembuh

  • 14 April 2020
  • 20:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1714 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com - Guna mengatasi keresahan warga, Pemkab Tabanan berupaya menyediakan rumah singgah bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar negeri untuk menjalani masa isolasi mandiri. 

Jurus Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid -19 Tabanan, I Putu Dian Setiawan menjelaskan bahwa PMI yang baru pulang dan hasil rapid testnya negatif di Provinsi akan menjadi kewajiban Kabupaten serta nantinya akan dijemput dari tempat karantina yang disiapkan Provinsi. Setelah satu hari menjalani karantina di tempat yang disiapkan provinsi, maka PMI akan dijemput oleh kendaraan dari Dinas Perhubungan Tabanan. "Selanjutnya PMI akan dibawa ke rumah singgah yang telah disiapkan Pemkab Tabanan," ungkapnya Selasa (14/4/2020).

Ditambahkannya, PMI akan menjalani isolasi mandiri selama 13 hari lagi di rumah singgah tersebut. Maka dari itu Gugus Tugas beserta jajarannya telah melakukan pengecekan di beberapa tempat yang layak untuk dijadikan rumah singgah. Dimana dalam rapat dengan para camat melalui video conference telah disepakati bahwa rumah singgah akan disebar di kecamatan atau desa secara bergrup untuk memudahkan pengawasan dan pelayanan.

Kemudian para Camat dibantu Satgas Desa dan Satgas Gotong Royong pun berupaya mencarikan rumah singgah dengan memanfaatkan penginapan atau rumah kosong yang dipinjamkan warga atau fasilitas pemerintah yang ada. "Lalu untuk pengawasan kesehatan dilakukan petugas kesehatan dan pengawasan keamanan dilaksanakan bersama petugas keamanan dan Pecalang Desa Adat," sambung Setiawan.

Menurutnya hal itu dilakukan ngurangi keresahan warga serta untuk menyiapkan tempat yang layak bagi PMI untuk menjalani isolasi diri demi kesehatan orang-orang yang disayangi. 

Disisi lain satu dari dua orang pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh setelah hasil swabnya negatif. Dengan demikian jumlah pasien positif Covid-19 asal Tabanan berkurang menjadi 4 orang.

Diberitakan sebelumnya ada 5 orang warga Tabanan yang dinyatakan positif Covid-19. Dua diantaranya diisolasi di BRSU Tabanan, dua orang lainnya diisolasi di RSPTN Udayana dan satu orang lagi diisolasi di RS Bali Mandiri. Dimana seluruhnya merupakan PMI yang baru pulang dari bekerja di negara yang terdampak Covid-19. 

Sedangkan untuk kondisi keempat pasien positif Covid-19 saat ini stabil. Namun BRSU Tabanan kembali menerima tiga orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di RS Nyitdah. Sebelumnya BRSU Tabanan telah merawat satu orang PDP, sehingga kini total PDP adalah 4 orang. Saat ini ada 810 orang Pelaku Perjalanan di Tabanan, 16 Orang Tanpa Gejala (OTG), serta 12 Orang Dalam Pemantauan (ODP).ayu/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER