Cegah DBD Merebak, Diskes Jembrana Gencarkan PSN

  • 10 Maret 2020
  • 19:50 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1621 Pengunjung
suaradewata

Jembrana, suaradewata.com - Guna mencegah merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD ) , Dinkes Jembrana terus mengintensifkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN ). Yang disasar tidak hanya lingkungan pemukiman, tapi juga fasilitas-fasilitas umum lainnya.

Pj. Kadis Kesehatan, dr. Putu Suekantara mengatakan, musim hujan sangat mendukung jentik-jentik nyamuk untuk berkembang. Termasuk di pemukiman, apabila tidak waspada akan banyak genangan-genangan air, sebagai sarang jentik-jentik nyamuk. “Untuk itu, pihaknya  telah menggencarkan langkah-langkah kongkrit dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN),” katanya.

Namun demikian, untuk mengoptimalkan kegiatan PSN di wilayah-wilayah tersebut, meminta keterlibatan dari semua pihak. Tidak cukup dari Dinas kesehatan serta petugas puskesmas saja. Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat untuk melaksanakan gerakan 3M Plus dan menyerukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk berbasis masyarakat. “Cara itu, merupakan upaya paling efektif yang dapat dilakukan mulai dari skup terkecil yakni keluarga untuk mencegah penyakit DBD,” jelasnya. 

Untuk diketahui, selama dua bulan, sejak Januari sampai Pebruari tahun ini, di Jembrana sendiri dari data yang dihimpun,  warga positif DBD  sudah sebanyak 40 orang. Sedangkan tahun 2019 lalu, jumlah total kasus selama setahun mencapai 213 orang. dep/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER