Parta Dukung Rencana Erick Thohir Lebur Bisnis Sampingan BUMN

  • 11 Desember 2019
  • 16:10 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 3573 Pengunjung
istimewa

Jakarta, suaradewata.com - Rencana Menteri BUMN Erick Thohir lakukan peleburan bisnis sampingan BUMN mendapat dukungan anggota Komisi IV DPR RI. Karena perusahan – perusahaan yang fokus pada core bisnisnya biasanya bisa tumbuh kuat dan memiliki daya saing tinggi, perusahan - perusahaan yang tidak fokus pada core bisnis dan terlalu banyak anak usaha bukan di core bisnisnya cendrung pertumbuhan bisnisnya kurang baik, merugi bahkan bangkrut.

Anggota Komisi IV DPR RI, Nyoman Parta mengatakan, BUMN harus fokus pada core bisnisnya, agar dapat  memperkuat daya saing dan dengan begitu bisa bersaing di era industri 4.0 ini. Manfaat lebih lanjut yang lebih utama antara lain, BUMN bisa lebih fokus pada bisnis intinya (core business). Memperkuat bisnis baru dari hasil gabungan beberapa bisnis sampingan tersebut. Menghindari persaingan dan rebutan pasar tidak sehat antar BUMN. "Contohnya Pertamina punya Pertamina Power, Krakatau Steel, Antam punya pembangkit dan bersaing dengan PLN untuk sasaran pelanggan yang sama," jelas politisi PDI Perjuangan ini, Rabu (11/12/2019).

Selain itu, peleburan bisnis sampingan tersebut dapat menghindari BUMN menjadi tempat penampungan pensiun dan keluarga tanpa ada standar kompetensi yg jelas. Menciptakan Sinergi antar BUMN yang lebih baik dan lebih kuat. Mencegah gagalnya beberapa bisnis sampingan tersebut, sehingga dapat menjaga citra baik BUMN di mata masyarakat. "Oleh karena itu kami dukung Menteri BUMN untuk secepatnya menata kelembagaan BUMN core bisnisnya. Agar BUMN bisa berkelas dunia bisa terwujud," harap Nyoman Parta. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER