Festival Ulun Danu Beratan Dibuka Dengan Topeng dan Wayang Emas Majapahit

  • 22 Oktober 2019
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2135 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com -Pementasan Topeng dan Wayang Emas Majapahit secara kolosal akan mengisi pembukaan  Festival Ulun Danu Beratan ke V pada tanggal 24 Oktober 2019, di DTW Ulun Danu Beratan, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. 

"Topeng dan wayang ini akan ditampilkan secara kolosal oleh 70 orang penari dan ini adalah pementasan untuk pertamakalinya," ungkap Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti saat jumpa pers di DTW Danau Beratan, Tabanan, Selasa (22/10/2019).

Dirinya menambahkan, pementasan akan dilakukan di areal Taman Beji sebagai wujud syukur terhadap karunia yang telah diberikan oleh Dewi Danu kepada umatnya, yakni senantiasa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Bali dan Indonesia, khususnya Tabanan. "Tujuannya adalah 

dapat menebarkan vibrasi positif untuk kerahayuan bumi, bisa membuat rakyat Indonesia harmonis kembali setelah terkotak-kotak dalam kepentingan politik, perbedaan suku dan agama," tegasnya.

Bupati Eka juga pun berharap bahwa event tahunan tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, khususnya ke DTW Ulun Danu Beratan.

"Kalau haru biasa kunjungan wisatawan ke sini mencapai 2500 orang per hari. Tapi saat festival, kita targetkan 4.000 sampai 5.000 kunjungan per harinya," tandas Bupati Eka.

Sementara itu, Manajer Operasional DTW Ulun Danu Beratan, I Wayan Mustika mengungkapkan bahwa festival akan berlangsung selama empat hari yakni mulai dari 24 hingga 27 Oktober 2019 mendatang. Festival akan diisi berbagai kegiatan yang bahkan sudah dimulai sejak Selasa (22/10/2019). "Hari ini sudah mulai dengan lomba penjor yang diikuti 20 STT Gebog Pesatak. Lalu besok ada lomba membuat cane, dan jyga lomba membuat lamak dengan logo Wonderfull Indonesia," jelasnya.

Mustika menyebutkan festival tersebut digelar dengan anggaran disupport dari APBD Tabanan  Rp1 miliar, Kementerian Pariwisata senilai Rp400 juta berupa barang dan dana promosi DTW Ulun Danu Beratan Rp100 juta.

"Dan untuk tanggal 26 nanti kita juga ada lomba gebogan khas Baturuiti berupa sayur dan buah, lomba kuliner vegetarian, dan yang lainnya. Pengunjung juga akan disuguhi free tela rebus, kacang, jagung dan hasil bumi lainnya," pungkas Mustika.ayu/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER