Atasi Persoalan Sampah di Buleleng, Bupati Tekankan Edukasi Pada Masyarakat

  • 14 Oktober 2019
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 1657 Pengunjung
istimewa

Buleleng, suaradewata.com -Untuk dapat menangani persoalan sampah di Buleleng, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, menekankan edukasi pada masyarakat. Edukasi ini dilakukan, agar masyarakat sadar dalam menjaga dan memelihara lingkungan, untuk bisa menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

Hal itu diungkapkan Bupati Suradnyana usai menghadiri Sidang Paripurna terkait penyampaian nota pengantar Bupati tentang beberapa Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), pada Senin (14/10/2019) di ruang sidang utama gedung DPRD Buleleng.

Dikatakan Suradnyana, masalah sampah tidak bisa diselesaikan tanpa adanya edukasi kepada masyarakat. Sebab, melalui edukasi itu nantinya akan menjadi pedoman dalam penanganan sampah. "Kondisi sampah di Buleleng ada perbedaan dalam menyelesaikan, karena dilihat dari posisi topografi, jadi harus ada yang komperhensif untuk menyelesaikannya," ujar Suradnyana.

Menurut Suradnyana, langkah awal yang dilakukan adalah dengan memberikan edukasi kepada masyarakat yang berada di hulu, agar dapat memilah sampah, membuat Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST). "Jika lingkungan yang di hulu dapat terjaga, maka sudah tentu akan memberikan dampak positif kepada lingkungan yang berada di hilir," ucap Suradnyana.

Dalam menyelesaikan masalah sampah, harus ada rasa kepedulian terhadap lingkungan, agar secara perlahan masalah sampah dapat terselesaikan dengan baik. "Kami mengedukasi dulu sebelum ke regulasi. Jika nanti melalui edukasi belum juga berhasil, pasti kami masuk dan akan tegakan regulasi," tandas Suradnyana. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER