Peringati HUT Proklamasi RI, Bulan Agustus KONI Buleleng Kembali Gelar Lomba Gerak Jalan

  • 17 Juli 2019
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 2097 Pengunjung
istimewa

Buleleng,suaradewata.com - Dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-74 tahun 2019, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Buleleng kembali menggelar lomba gerak jalan tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan kalangan umum. Khusus tahun ini, panitia lomba gerak jalan membuat sejumlah perubahan dan ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Ketua Umum KONI Buleleng, Nyoman Arta Widnyana mengatakan, perubahan ini dengan membatasi jumlah peserta lomba gerak jalan 8 KM tingkat SD, dari sebelumnya mencapai ratusan regu kini menjadi 63 regu. "Setiap kecamatan mengirim wakilnya dari pemenang tahun lalu dari peringkat 1 hingga harapan tiga. Khusus di kota, kami berikan kouta lebih karena banyak sekolah. Total ada 63 regu nanti," kata Arta Widnyana, Rabu (17/7/2019) siang.

Perubahan tidak saja di tingkat SD, tapi juga di lomba gerak jalan 17 KM dewasa putri. Sebelumnya untuk nomor 17 KM dewasa putri tidak ada kategori, tapi kali ini panitia lomba gerak jalan, membagi nomor tersebut dalam dua kategori. Diantaranya, kategori A yang meliputi mahasiswa dan pelajar, dan Kategori B bagi SKPD dan PKK.

"Ini adalah masukan masyarakat, karena selama ini SMAN Bali Mandara saja juara, yang ibu-ibu tidak dapat. Makanya dibagi dua kategori biar ibu-ibu sudah berlatih dan berjuang maksimal bisa menikmati juara," ujar Arta Widnyana.

Terkait jadwal pelaksanaan, untuk gerak jalan 8 KM Tingkat SD dilaksanakan Senin (5/8/2019), kemudian 8 KM Tingkat SMP digelar Selasa (6/8/2019). Untuk 17 KM Dewasa Putri diadakan Rabu (7/8/2019). Selain itu, masyarakat Buleleng bakal dihibur dengan Gerak Jalan Kocak Kreatif yang rencananya dilaksanakan Jumat (9/8/2019).

Sedangkan untuk Gerak Jalan 45 KM Dewasa Putra akan digelar Sabtu (10/8/2019) malam hingga Minggu (11/8/2019) pagi. Lomba gerak jalan 45 KM dewasa putra mengambil garis start di Lapangan Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak. Dan finishnya di depan GOR Bhuwana Patra Singaraja.

"Untuk Lomba Gerak Jalan SD, SMP dan Dewasa Putri, start dan finish di depan GOR Bhuwana Patra Singaraja. Gerak jalan kocak kreatif, start di Taman Kota dan finish di Eks Pelabuhan Buleleng," jelas Arta Widnyana.

Menariknya, dalam lomba gerak jalan pada tahun ini hadiahnya cukup besar dan fantastis yakni mencapai total hadiah dan uang pembinaan sebesar Rp780 juta. rik/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER