Berantas Narkoba Melalui Pargelaran Seni Budaya

  • 17 Juli 2019
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1829 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Berbagai upaya yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Badung dalam upaya Penyelamatan Generasi Muda dan Masyarakat dari ancaman narkoba. BNN Badung mengambil langkah yang diambil dengan menggunakan media kesenian tradisional dalam penyebaran informasi tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Dalam rangka Akselerasi Penyebaran Informasi tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), BNN Kabupaten Badung bersinergi dengan Desa Adat Kapal melaksanakan kegiatan Diseminasi Informasi melalui Pagelaran Seni Budaya pada Selasa malam, (16/07/2017).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala BNN Kabupaten Badung (AKBP Ni Ketut Masmini,SH.,MH) beserta Jajaran, Tokoh Agama, tokoh masyarakat, organisasi kewanitaan, tokoh pemuda dan masyarakat Desa Adat Kapal.

Pagelaran seni budaya yang bertepatan dengan pelaksanaan Upakara Raksabanda (hari kasih sayang) yang jatuh pada Purnama Kase Anggara Paing ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba melalui pesan-pesan yang dibawakan lewat lawakan dan banyolan khas grup bondres Rare Kual. Dan melalui media kesenian yang digemari masyarakat tersebut sehingga pesan pesan yang disampaikan lebih efektif diterima.

Kegiatan diawali dengan Sembahyang bersama di Pura Desa Lan Puseh Desa Adat Kapal yang dilanjutkan dengan Tari Pembukaan dari PKK dan WHDI Desa Adat Kapal, Sambutan Bendesa Adat Kapal serta Sambutan dari Kepala BNN Kabupaten Badung, Ni Ketut Masmini yang pada intinya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Desa Adat Kapal yang telah bersinergi dengan BNN untuk menyebarkan informasi bahaya narkoba. Sebagai desa yang telah dicanangkan sebagai Desa Bersinar, Desa Kapal yang juga telah memiliki Pararem layak dijadikan role model dalam implementasi P4GN di lingkungan masyarakat. Dan diharapkan generasi muda dan masyarakat Desa Adat Kapal terus berkomitmen untuk membantu BNN dalam implementasi P4GN.

"Untuk ke depannya Desa Adat Kapal dapat merekrut Relawan Anti Narkoba dari berbagai elemen masyarakat seperti Sekaa Teruna maupun PKK yang dapat dijadikan garda terdepan dalam pencegahan narkoba di Lingkungan Desa Adat Kapal," ucap Masmini, Selasa malam, (16/07/2019).

Selanjutnya, kegiatan berlanjut dengan penampilan juara 1 lomba yel-yel anti narkoba dari Desa Adat Kapal, Penyerahan piagam  penghargaan oleh Bendesa Adat  dan diakhiri pementasan grup bondres Rare Kual. Dalam pementasan, Rare Kual mengajak seluruh generasi muda dan masyarakat yang hadir untuk bersama-sama memahami dampak dan bahaya narkoba. Kemudian menerapkan upaya pencegahan yang dimulai dari perilaku dan pola hidup sehat dan membantu BNN untuk melaporkan apabila ada indikasi penyalahgunaan narkoba di lingkungannya.

Di penghujung pentasnya, Rare Kual kembali mengingatkan generasi muda untuk mencegah narkoba dengan CERIA yakni Cermat memilih pergaulan, Edukasi sesama tentang bahaya narkoba, Rajin beribadah dan melakukan hal positif, Inovatif dan kreatif dalam berkarya serta Ajak korban penyalah guna untuk melapor ke BNN.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER